Warga Gagal Ujian Membuat SIM Boleh Ngulang di Hari yang Sama

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kini mengeluarkan arahan terbaru terkait pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM). Arahan ini tertuang dalam surat telegram nomor ST/2386/X/YAN.1.1./2022 per Senin (31/10/2022), yang ditandatangani oleh Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi atas nama Kapolri.

“Bagi peserta yang dinyatakan tidak lulus ujian penerbitan SIM, dapat langsung melaksanakan ujian ulang pada hari itu juga atau dalam kurun waktu 14 hari kerja terhitung mulai tanggal dinyatakan tidak lulus,” berikut bunyi arahan Kapolri dalam surat telegram tersebut, dikutip dari Detik, Rabu (2/11/2022).

Dapat disimpulkan jika ujian SIM akan dilaksanakan paling banyak dua kali di hari yang sama untuk satu orang pemohon, apabila gagal saat ujian. Kapolri juga meminta Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) untuk memberikan pelatihan sebelum peserta melaksanakan ujian ulang.

Gak hanya itu, Kapolri juga menegaskan kepada seluruh personel untuk tidak memungut biaya apapun pada pelayanan penerbitan SIM selain pungutan biaya PNBP SIM sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 76 Tahun 2020 Tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Polri.

Source Photo from Detik/Rifkianto Nugroho

Total
0
Shares
Previous Article

Elon Musk Akan Meluncur ke Bali Sebagai Pembicara B20 Summit Indonesia 2022

Next Article

Seorang WNI Curi Uang Rp 3,6 Juta dari Minimarket di Jepang

Related Posts