Waktu dan Tempat untuk Menikmati Gerhana Bulan Total Malam Ini

Gerhana Bulan Total akan terjadi di Indonesia hari ini (8/11/2022). Gerhana akan terjadi dalam beberapa fase mulai dari 15.00.38 WIB.

Namun, gerhana fase pertama tersebut tidak dapat disaksikan di wilayah Indonesia. Beberapa wilayah di Indonesia baru bisa mengamati Gerhana Bulan saat memasuk fase Gerhana Sebagian yang dimulai pukul 16.08.59 WIB. Beberapa wilayah yang dapat mengamatinya adalah Papua, Papua Barat, sebagian Maluku Utara, dan sebagian Maluku.

Selanjutnya, Gerhana Total dapat diamati di wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, NTT, NTB, Bali, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, sebagian besar Kalimantan Tengah, sebagian Kalimantan Barat, dan sebagian Jawa Timur. Fase ini akan berlangsung pada pukul 17.16.19 WIB.

Di fase Puncak Gerhana yang akan terjadi selanjutnya pada pukul 17.59.11 WIB, semakin banyak wilayah di Indonesia yang bisa menikmatinya. Hampir seluruh wilayah kecuali Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Bengkulu akan dapat mengamatinya.

Setelah fase puncak, akan ada fase akhir yang berlangsung pukul 18.42.03 WIB. Fase ini dapat dinikmati di seluruh wilayah Indonesia. Begitu juga dengan fase final yang akan terjadi pukul 20.57.43 WIB.

Masyarakat tidak memerlukan alat bantu khusus untuk menyaksikan fenomena Gerhana Bulan Total. Namun, masyarakat bisa menggunakan teropong bila ingin melihatnya secara lebih detail.

Image source: Unsplash – Paul Pastourmatzis

Total
0
Shares
Previous Article

One Piece Berkolaborasi dengan Steve Aoki Ciptakan “Pirate Anthem” Terbaru

Next Article

Sering Menimbun Barang Bekas? Bisa Jadi Lo Mengidap 'Hoarding Disorder'

Related Posts