UNIK, MUSISI INI BERHASIL MEREKAM JAMUR ‘BERNYANYI’

Pernahkah kamu mendengar jamur bernyanyi dan daun mengeluarkan alunan nada? Kalau belum pernah, kamu bisa mendengarkannya di Reels Instagram musisi Tarun Nayar (@taruntspoon). Yup, musisi asal Kanada ini berhasil menghasilkan musik dari tanaman, lho.

Pernahkah kamu mendengar jamur bernyanyi dan daun mengeluarkan alunan nada? Kalau belum pernah, kamu bisa mendengarkannya di Reels Instagram musisi Tarun Nayar (@taruntspoon). Yup, musisi asal Kanada ini berhasil menghasilkan musik dari tanaman, lho.

Di salah satu videonya, terlihat Nayar mencolokkan alligator clip ke jamur yang terdengar seperti bernyanyi. Di vdeo lainnya, sang musisi juga berhasil menghasilkan alunan nada dari selembar daun yang ada di tengah hutan di Vancouver, Kanada. Wah, kok bisa ya?

“Aslinya tidak serumit yang terlihat. Ada beberapa teknik yang saya gunakan untuk memanfaatkan aliran listrik (bioelektrik) pada tanaman dan resonansi alami Bumi yang mustahil didengar telinga manusia,” ujar Nayar, seperti dikutip dari aoemedia.com (10/1/2022).

Ia menjelaskan, penciptaan musiknya melibatkan perubahan yang sangat kecil dalam hambatan listrik alami tumbuhan dan jamur. Nayar menggunakan getaran air di dalam tanaman sebagai hambatan listrik.

“Jadi saat saya memasang kabel sirkuit pada tumbuhan, setiap perubahan kecil pada hambatan listrik—yang disebabkan oleh muatan bioelektrik alami tanaman—akan terwujud sebagai nada,” ucapnya.

Saat membuat musik di alam, Nayar akan menancapkan alligator clip ke tanaman dan kabel grounding ke tanah di sekitar akar. Kabel grounding ini berfungsi untuk menangkap resonansi Bumi. Kedua kabel lalu disambungkan ke synthesizer yang akan mengubah tingkat energi tanaman menjadi nada.

Nayar sesekali juga menambahkan efek echo agar hasil akhir musiknyanya terdengar lebih catchy. Suara alam ciptaannya pun sangat bervariasi, tergantung sumber unsurnya. Contohnya, musik jamurnya mirip versi lambat musik tema serial “Stranger Things”, sedangkan daun pakis pedang menghasilkan suara mirip mutiara yang berjatuhan di ruangan tenang penuh air.

Unik banget ya!

Total
0
Shares
Previous Article

SEMAKIN MENDUNIA, BITTERSWEET BY NAJLA DIAKUI SEBAGAI WORLD CLASS DESSERT

Next Article

POLISI KONFIRMASI ARDHITO PRAMONO TERTANGKAP KARENA KASUS NARKOBA

Related Posts
Read More

JOKOWI INSTRUKSIKAN MENAKER REVISI ATURAN JHT

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, untuk melakukan revisi aturan pelaksanaan program Jaminan Hari Tua (JHT). Instruksi ini diberikan oleh Jokowi menyusul polemik yang timbul di tengah masyarakat atas penetapan aturan baru JHT yang baru bisa dicairkan 100 persen saat pekerja berusia 56 tahun.