TIPS MENGELOLA GAJI BULANAN BIAR ENGGAK CUMA NUMPANG LEWAT

Sering ngerasa gaji bulanan cuma numpang lewat alias cepat habis? Bisa jadi hal itu disebabkan oleh cara mengelola keuangan yang masih kurang tepat.

Sering ngerasa gaji bulanan cuma numpang lewat alias cepat habis? Bisa jadi hal itu disebabkan oleh cara mengelola keuangan yang masih kurang tepat.

Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk membuat gaji enggak cepat habis? Melansir dari cnbcindonesia.com (28/12/2021), berikut beberapa tips yang bisa kamu coba.

  1. Buat rencana pengeluaran

Ketika gaji masuk, sebaiknya kamu bikin rencana pengeluaran untuk sebulan ke depan. Salah satu trik yang bisa kamu lakukan dalam membuat rencana pengeluaran adalah menerapkan rumus 50 – 30 – 20. Anggarkan 50 persen dari gaji untuk kebutuhan pokok dan prioritas utama pengeluaranmu, 30 persen untuk memenuhi keinginanmu, dan 20 persen untuk ditabung.

  • Sisihkan uang untuk tabungan dan investasi

Sebanyak 20 persen dari gaji bulananmu bisa disisihkan untuk tabungan biasa dan investasi. Kini, semakin banyak pilihan investasi digital yang tersedia. Contohnya, uang kripto, saham, P2P lending, dan masih banyak lagi.

  • Siapkan dana darurat

Kondisi darurat bisa terjadi kapan saja tanpa diduga-duga. Terkadang, kondisi darurat ini bisa mengganggu keuanganmu. Supaya hal itu enggak terjadi, sebaiknya kamu menyiapkan dana darurat setiap bulan. Para penasihat keuangan merekomendasikan setiap orang paling tidak memiliki dana darurat senilai enam kali biaya pengeluaran sebulan. Ingat, dana darurat ini hanya boleh dipakai saat benar-benar ada kondisi darurat. Misalnya, sakit, bencana alam, atau PHK.

  • Catat pengeluaran

Supaya kondisi keuanganmu tetap terkontrol, catat pengeluaranmu secara rutin. Cek apakah pengeluaranmu sudah ideal dan sesuai anggaran yang kamu buat pada awal bulan atau belum. Kalau belum, kontrol pengeluaranmu secara lebih ketat lagi bulan depan.

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu coba untuk menjaga gajimu tetap awet. Selamat mencoba!

Total
0
Shares
Previous Article

KALAHKAN RANS CILEGON, PERSIS SOLO JADI JUARA LIGA 2

Next Article

10 Provinsi Paling Bahagia di Indonesia 2021. Siapa Juaranya?

Related Posts