TIPS DAN TRIK MEMETIK CUAN DARI BISNIS TANAMAN HIDROPONIK

Sejak pandemi Covid-19, tanaman hidroponik menjadi sebuah tren yang begitu digandrungi. Mulai dari anak muda hingga emak-emak.

Sejak pandemi Covid-19, tanaman hidroponik menjadi sebuah tren yang begitu digandrungi. Mulai dari anak muda hingga emak-emak.

Banyak orang menanam tanaman hidroponik untuk menyalurkan hobi bertanamnya sekaligus untuk memenuhi kebutuhan pangan di rumah. Tak sedikit pula yang menanam tanaman hidroponik untuk memetik cuan alias untuk dijual kembali.

Bisnis tanaman hidroponik memang cukup menguntungkan karena modalnya tak besar tetapi keuntungan yang diraih bisa cukup besar. Keuntungan besar ini akan bisa diraih kalau kamu tahu langkah-langkah yang tepat dalam menjalankan bisnis tanaman hidroponik.

Melansir dari bisnis.com (19/8/2021), ada enam langkah dalam membangun bisnis hidroponik yang menguntungkan. Berikut keenam langkah tersebut.

  1. Buat peta bisnis

Buat peta bisnis berisi rencana spesifik tentang tujuan bisnis kamu. Dalam membuat rencana itu, pertimbangkan beberapa hal penting seperti: berapa modal awal dan biaya berkelanjutan, siapa target pasar, berapa banyak produk yang dapat kamu tawarkan, nama usahamu, dan berapa harga jual produk-produkmu? Apabila pertanyaan-pertanyaan itu sudah terjawab, kamu pun akan dapat menjalani usahamu dengan lebih lancar.

  • Buka rekening khusus

Sebisa mungkin pisahkan rekening pribadi dengan bisnis agar kamu dapat membuat pembukuan secara lebih mudah. Pembuatan rekening terpisah ini juga untuk menghindari pemakaian uang usaha untuk keperluan pribadi.

  • Siapkan pembukuan bisnis

Dalam menjalankan bisnis, kamu perlu membuat pembukuan yang rapi. Catat dengan detail semua pengeluaran dan pemasukan. Dengan begitu, kamu dapat melacak perkembangan bisnismu, apakah sudah untung atau justru rugi. Pembukuan yang rapi juga akan mempermudah kamu saat melaporkan pajak tahunan.

  • Ciptakan brand image

Brand image yang kuat dapat membuat usahamu menonjol di antara para pesaing. Mulai dari logo bisnismu. Lalu, tentukan persepsi seperti apa yang ingin kamu ciptakan di mata publik. Contohnya, kamu ingin bisnismu dipersepsikan sebagai bisnis tanaman hidroponik yang murah tapi kualitasnya premium.

  • Manfaatkan platform digital

Selain menjual produkmu secara offline, sebaiknya kamu juga memanfaatkan platform digital untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Kamu bisa membuat akun di e-commerce atau Instagram. Kalau kamu punya modal lebih, kamu juga dapat membuat situs web sendiri.

  • Sediakan nomor telepon khusus

Sama seperti rekening bank, sebaiknya kamu juga memisahkan nomor telepon pribadi dengan bisnis. Tersedianya nomor telepon khusus dapat membuat bisnis kamu terlihat lebih terpercaya sekaligus lebih mempermudah pelanggan untuk menghubungi kamu.

Itu dia enam langkah untuk membangun bisnis tanaman hidroponik yang dapat mendatangkan cuan. Apakah kamu mau mencobanya?

Total
0
Shares
Previous Article

PEMERINTAH AKAN BANGUN 6 BANDARA BARU TAHUN DEPAN, DI MANA LOKASINYA?

Next Article

DAMPAK DARI TREN BELANJA DARING TERHADAP TRANSAKSI EKONOMI

Related Posts