TIKTOK HADIRKAN FITUR BATASAN PENGGUNAAN UNTUK PENGGUNA REMAJA

TikTok terus menciptakan inovasi yang dapat memberikan proteksi bagi penggunanya. Teranyar, mereka menghadirkan fitur pembatasan penggunaan yang diperuntukkan bagi pengguna remaja.

TikTok terus menciptakan inovasi yang dapat memberikan proteksi bagi penggunanya. Teranyar, mereka menghadirkan fitur pembatasan penggunaan yang diperuntukkan bagi pengguna remaja.

Salah satunya adalah fitur notifikasi jam malam. Mereka akan mengirimkan notifikasi kepada pengguna 13 – 15 tahun setelah pukul 21.00 dan pengguna 16 – 17 tahun setelah pukul 22.00. Tujuan dari notifikasi ini ialah untuk membatasi tekanan berinteraksi.

“Menurut beberapa penelitian para remaja jauh lebih rentan terhadap tekanan modern dari jaringan sosial setelah jam-jam tertentu ini daripada orang dewasa,” kata perwakilan TikTok, seperti dilansir dari tempo.co, Senin (16/8/2021).

Fitur lain yang mereka hadirkan adalah pembatasan pengiriman pesan pribadi atau Personal Message. TikTok akan menonaktifkan menu pesan pribadi secara default pada akun pengguna berusia di bawah 16 tahun. Mereka hanya dapat mengaktifkannya secara manual di pengaturan akun.

Tak berhenti di situ, TikTok juga menonaktifkan opsi unduh untuk video yang diunggah oleh pengguna di bawah 16 tahun. Dengan begitu, pengguna dapat mengontrol siapa yang mengonsumsi video yang mereka unggah dan bagaimana mereka mengonsumsinya.

Sama seperti menu pesan pribadi, penonaktifan opsi unduh ini akan diatur secara default di akun mereka. Ketika pengguna remaja mengunggah videonya, akan muncul pop-up di mana pengguna dapat memilih siapa saja yang diizinkan untuk menonton video tersebut.

Mudah-mudahan saja ketiga fitur ini dapat membuat proteksi pengguna remaja TikTok semakin maksimal dan mereka bisa terhindar dari polarisasi sosial ya. Jangan sampai ada lagi pengguna remaja yang jadi korban dari tren TikTok akibat tekanan sosial.

Total
0
Shares
Previous Article

INI DIA ALASAN JOKOWI PAKAI BAJU ADAT BADUY KE SIDANG TAHUNAN MPR

Next Article

OWNERS WORLDWIDE BUKTIKAN UMKM BISA SUKSES DI KANCAH INTERNASIONAL

Related Posts