Ternyata, Orang Indonesia Hobi Makan Pakai Kecap Sejak 3000 Tahun Lalu

Bukan orang Indonesia namanya, kalau setiap makan nggak menggunakan kecap manis. Bahkan, saat proses memasak, rata-rata kecap manis selalu menjadi salah satu bahan utama. Terbukti, karena kecap manis menjadi salah satu bumbu masakan yang harus ada di setiap dapur rumah.

Eits, ternyata kecap manis sudah ada sejak 3000 tahun lalu dan merupakan bumbu asli Indonesia, lho! Informasi ini didapatkan melalui buku bertajuk “Kecap Manis: Pusaka Kuliner Indonesia” yang ditulis oleh Bondan Winarno.

Memang sih, awal mulanya kecap diperkenalkan oleh pedagang asal Tiongkok. Akan tetapi, bentuknya bukan kecap manis kental yang kita kenal sekarang, melainkan kecap asin yang encer.

Dari kecap yang dibawa Tiongkok, ternyata orang Indonesia menyesuaikan beberapa hal agar sesuai dengan lidah mereka, seperti penggunaan kedelai hitam dan gula merah sebagai bahan utama yang membuat tekstur kecap manis menjadi kental.

Nah, tekstur kental dan rasa manis gurih inilah yang membuat kecap manis menjadi primadona pada masakan Indonesia. Sebab, kecap manis dianggap bisa menyeimbangkan rasa supaya nggak terlalu asin, namun tetap nikmat. Makanya, nggak heran kalau orang Indonesia suka banget dengan kecap manis.

Selain itu, menurut Kementerian Kesehatan RI, kecap manis memiliki berbagai manfaat seperti, berpotensi meredakan alergi, melancarkan buang air besar, menyehatkan pencernaan, dan menjadi sumber antioksidan.

Source Photo from Shutterstock/Melimey

Total
0
Shares
Previous Article

Definisi Gak Modal, Pria Ini Pacari 35 Wanita Sekaligus supaya Dapat Banyak Kado Ultah

Next Article

Keren! Pengrajin Kayu di Grobogan Manfaatkan LinkedIn untuk Memasarkan Produknya

Related Posts