TANGGAPAN JOKOWI ATAS UNDANGAN COLDPLAY BERGABUNG DALAM KOALISI ADVOKASI IKLIM

Dunia per-Twitter-an Indonesia heboh pada Sabtu (18/9/2021). Penyebabnya, akun Twitter resmi band Coldplay (@coldplay) menyebutkan nama Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) dalam cuitannya.

Dunia per-Twitter-an Indonesia heboh pada Sabtu (18/9/2021). Penyebabnya, akun Twitter resmi band Coldplay (@coldplay) menyebutkan nama Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) dalam cuitannya.

“@jokowi maukah Anda bergabung dengan @bankimooncentre dan koalisi pendukung iklim Indonesia di #GlobalCitizenLive untuk membuat komitmen terhadap planet ini? Ke mana Anda memimpin, orang lain akan mengikuti,” tulis Coldplay di akun Twitternya, seperti dikutip dari cnbcindonesia.com (18/9/2021).

Jadi, band asal Inggris itu mengajak Jokowi untuk bergabung dengan Ban Ki-Moon Centre. Ban Ki-Moon Centre merupakan organisasi quasi-internasional yang fokus pada permasalahan global. 

Coldplay juga mengajak Jokowi untuk berkoalisi dengan para pendukung iklim di program Global Citizen Live sebagai bentuk komitmen terhadap program perbaikan kerusakan lingkungan. Juga sebagai upaya untuk memerangi dampak perubahan iklim dunia.

Program Global Citizen Live akan berlangsung pada Sabtu (25/9/2021). Acara global 24 jam ini bertujuan menyatukan dunia dalam mempertahankan bumi dan melawan kemiskinan. Tahun ini, Global Citizen Live akan mengangkat tema “Rencana Perbaikan untuk Dunia” dengan fokusnya pada Covid-19, mengakhiri krisis kelaparan, memperbaiki pembelajaran, melindungi bumi, dan mengadvokasi kesetaraan untuk semua.

Lalu, bagaimana tanggapan pihak Jokowi atas ajakan Coldplay tersebut? Juru Bicara Presiden RI, Fadjroel Rachman, telah merespons undangan Coldplay melalui akun Twitter-nya (@fadjroel) pada Sabtu (18/9/2021).

“Thank you very much @coldplay for your invitation. Mr. President @jokowi has targeted Net Zero in 2060 and supported Global Methane Pledge as Nationally Determined Contribution (NDC) of Indonesia ~ #BungFADJROEL #GlobalCitizenLive @bankimooncentre,” tulisnya, seperti dikutip dari bisnis.com (20/9/2021).

Fadjroel mengucapkan terima kasih atas undangan yang telah diberikan Coldplay. Ia menyatakan, Jokowi telah menargetkan Nol-Bersih Emisi pada 2060 dan mendukung Global Methane Pledge sebagai Nationally Determined Contribution (NDC) Indonesia.

NDC adalah komitmen setiap negara terhadap Persetujuan Paris. Adapun Global Methane Pledge merupakan upaya global untuk mengatasi emisi gas metana.

Total
0
Shares
Previous Article

LIMA UANG KRIPTO YANG “KEBAKARAN” DALAM 24 JAM TERAKHIR

Next Article

JAKLINGKO BAKAL SUSUL KECANGGIHAN TRANSPORTASI LONDON

Related Posts