TANDA-TANDA KAMU PERLU REHAT DARI MEDIA SOSIAL YANG “TOXIC”

Media sosial telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari sebagian besar masyarakat. Baik untuk berkomunikasi dengan keluarga dan teman-teman, mencari informasi terbaru, atau sekadar menikmati konten dari kreator favorit.

Media sosial telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari sebagian besar masyarakat. Baik untuk berkomunikasi dengan keluarga dan teman-teman, mencari informasi terbaru, atau sekadar menikmati konten dari kreator favorit.

Namun bak koin yang memiliki dua sisi, media sosial memiliki sisi positif dan negatif yang perlu dipehatikan penggunanya. Sisi positifnya, pengguna bisa mengetahui informasi terbaru, menyambung silaturahmi, dan mencari penghasilan lewat media sosial.

Namun, menggunakan media sosial secara berlebihan dapat berdampak negatif bagi penggunanya. Baik disadari atau tidak, banyak konten di media sosial yang bersifat toxic dan bisa berdampak negatif terhadap kesehatan mental. Contohnya, melihat foto model dengan tubuh yang dianggap ideal secara terus menerus dapat menyebabkan gangguan makan atau masalah citra diri.

Apabila melihat konten-konten di media sosial sudah dianggap terlalu mengganggu, sebaiknya pengguna rehat sejenak dan membatasi diri dari membuka media sosial. Melansir dari idntimes.com (11/11/2021), ada lima tanda pengguna sudah harus beristirahat dari media sosial yang “beracun”. Apa saja?

  1. Fear of Missing Out (FOMO) alias merasa takut ketinggalan informasi atau tren terbaru.
  2. Cahaya gadget yang terpancar ketika pengguna melihat media sosial sebelum tidur membuat susah tidur.
  3. Ketika hubungan di dunia nyata tak sedekat di media sosial. Pernahkah kamu kumpul bersama teman-teman tapi semuanya sibuk dengan gadget masing-masing?
  4. Merasa cemas ketika jauh dari HP atau saat melihat jumlah likes dari postingan terbaru sedikit.
  5. Terlalu sering membandingkan diri sendiri dengan orang lain hingga menimbulkan rasa stres.

Jika sudah merasakan kelima tanda di atas, maka pengguna sebaiknya mengurangi intensitasnya membuka media sosial atau bahkan tidak membukanya dulu sama sekali selama beberapa waktu. Yuk, jadi pengguna media sosial yang lebih bijak!

(Cahyu CA)

Total
0
Shares
Previous Article

“MINDSET” YANG DIMILIKI SEORANG JUARA

Next Article

MENGENAL DIPLOPIA, MASALAH MATA YANG SEBABKAN MARC MARQUEZ TERANCAM PENSIUN DINI

Related Posts