TANAMAN LANGKA DI KAMERUN DIBERI NAMA DICAPRIO DARI LEONARDO DICAPRIO

Baru-baru ini, ditemukan tanaman langka di hutan tropis Ebo di Kamerun. Spesies tanaman ini belum terdaftar di dalam ilmu pengetahuan dan tidak dikenal oleh masyarakat lokal.

Baru-baru ini, ditemukan tanaman langka di hutan tropis Ebo di Kamerun. Spesies tanaman ini belum terdaftar di dalam ilmu pengetahuan dan tidak dikenal oleh masyarakat lokal. Akhirnya, para ilmuwan memberi nama spesies tanaman ini Uvariopsis dicaprio yang terinspirasi dari nama aktor Leonardo DiCaprio.

Nama sang aktor dipilih sebagai bentuk penghormatan atas perannya dalam kampanye penyelamatan hutan Ebo dari penebangan. Sebelumnya, hutan ini akan dibuka oleh Pemerintah Kamerun untuk penebangan.

Para pakar konservasi lingkungan menilai kebijakan ini dapat merusak keragaman hayati hutan Ebo. Padahal, hutan ini menjadi tempat tinggal Suku Banen serta flora dan fauna yang terancam punah. Contohnya, gorila, simpanse, dan gajah hutan.

Leonardo DiCaprio ikut membantu kampanye perlindungan hutan Ebo yang dilakukan oleh para pakar konservasi lingkungan. Ia aktif melakukan kampanye melalui akun media sosialnya.

“Kami pikir dia sangat penting dalam membantu menghentikan penebangan Hutan Ebo,” kata Dr. Martin Cheek dari Kew, kelompok peneliti dari Royal Botanic Gardens, Inggris, seperti dikutip dari kompas.com (7/1/2022).

Berkat upaya penyelamatan dari para pakar konservasi dan DiCaprio, Pemerintah Kamerun akhirnya mencabut rencana pembukaan hutan Ebo untuk penebangan. Walaupun begitu, hutan Ebo belum secara resmi ditetapkan sebagai taman nasional.

Sebagai informasi, tanaman dicaprio memiliki bunga berwarna kuning-hijau mengkilap yang tumbuh di batangnya. Tumbuhan dengan tinggi sekitar empat meter ini pun menjadi tanaman baru pertama yang diberi nama resmi oleh para ilmuwan Kew pada tahun ini.

Total
0
Shares
Previous Article

MENGENAL 4 PENULIS WANITA TANAH AIR YANG SUKSES DI USIA MUDA

Next Article

EKONOM HARVARD BAGIKAN TIPS MENCAPAI KEAMANAN FINANSIAL. APA SAJA?

Related Posts