Survei: Makin Banyak Anak Muda Indonesia yang Jomblo dan Belum Kawin

Meski pernikahan dini masih tergolong marak, namun ternyata jumlah remaja Indonesia yang berstatus lajang masih cukup banyak. Hal ini terlihat dari data milik Badan Pusat Statistik (BPS) yang menunjukkan bahwa jumlah pemuda yang belum menikah semakin meningkat setiap tahunnya.

Terhitung dalam 10 tahun terakhir, jumlah remaja yang belum menikah meningkat menjadi 61,09 persen. Jumlah ini bertambah 1,27 persen dari yang 59,82 persen pada 2021. Di sisi lain, hanya ada 37,69 persen remaja yang menikah pada tahun 2021. Angka ini turun 1,16 persen dari tahun-tahun sebelumnya.

Berbagai alasan menjadi sebuah faktor mengapa para remaja di Indonesia menolak untuk menikah. Beberapa diantaranya disebabkan oleh kondisi ekonomi dan kesiapan mental. Mulai banyak orang yang menyadari kalau biaya hidup semakin mahal, belum lagi kalau ada tuntutan harus mengadakan pesta pernikahan besar-besaran.

Ditambah banyaknya kasus rumah tangga yang nggak berujung baik, seperti adanya kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), perselingkuhan, pendapatan yang nggak stabil, hingga kondisi mental yang masih rentan untuk menjalani kehidupan bersama dan memiliki anak.

Lo relate nggak? Atau, lo punya alasan sendiri? Kasih tahu Mimin di kolom komentar ya.

Source Photo from QMKN

Total
0
Shares
Previous Article

Ratusan Anak di Bantul Kena TBC

Next Article

Sandiaga Uno Akui Orang Indonesia Kurang Piknik

Related Posts