SURVEI: JUMLAH PENGUSAHA PEREMPUAN DI MASA PANDEMI 1,5 KALI LEBIH BANYAK DARIPADA PRIA

Pada masa pandemi Covid-19, jumlah pengusaha daring di Indonesia semakin banyak. Melansir dari thefineryreport.com (23/9/2021), data dari Tokopedia menunjukkan terdapat peningkatan jumlah merchant dari 7,3 juta menjadi 11 juta per Juni 2021.

Pada masa pandemi Covid-19, jumlah pengusaha daring di Indonesia semakin banyak. Melansir dari thefineryreport.com (23/9/2021), data dari Tokopedia menunjukkan terdapat peningkatan jumlah merchant dari 7,3 juta menjadi 11 juta per Juni 2021.

Menariknya, ternyata pengusaha yang lahir pada masa pandemi Covid-19 didominasi oleh perempuan. Jumlahnya 1,5 kali lipat lebih banyak dibandingkan pengusaha laki-laki.

“Sebuah studi dari LPEM FEB UI pada 2020 menunjukkan bahwa pemilik usaha perempuan yang memulai bisnisnya dari nol di Tokopedia pada masa pandemi hampir 1,5 kali lipat lebih banyak daripada laki-laki,” ujar Head of Category Development (Fashion), Falah Fakhriyah.

Ia menambahkan, Tokopedia juga mengadakan beragam kegiatan online dan offline yang bertujuan untuk membantu perkembangan bisnis milik pengusaha perempuan. Contohnya, Market & Museum at Home dan OH! Beauty Festival. Hasilnya, kategori produk yang berkaitan dengan perempuan meningkat popularitasnya.

“Kategori Kecantikan dan Fesyen di Tokopedia menjadi salah satu yang paling cepat pertumbuhannya di Kuartal ke-2/2021 dibandingkan periode yang sama tahun lalu,” ucap Falah.

Adapun produk fesyen yang paling banyak dicari oleh konsumen Tokopedia adalah kaus polos dan celana pendek. Sementara itu, produk fesyen paling populer ialah hijab, pashmina, dan mukena renda. Di kategori kecantikan, produk yang paling populer adalah serum wajah, krim malam, dan toner lokal.

Melihat hasil tersebut, Tokopedia pun semakin gencar menjalankan misi memajukan bisnis pengusaha perempuan. Untuk menunjukkan komitmennya, Tokopedia Academy mengadakan START Summit Extension: Women in Tech.

Program tersebut akan diadakan secara berkala untuk membantu perempuan mengembangkan keterampilan mereka di bidang digital sekaligus menginspirasi banyak perempuan lainnya untuk berkarir di bidang Science, Technology, Engineering, dan Math (STEM). Pihak Tokopedia menyatakan bahwa program ini tak hanya memberi dukungan untuk pengusaha perempuan, tetapi juga menciptakan ruang bagi perempuan yang berbakat di bidang digital untuk berkontribusi bagi negara.

Total
0
Shares
Previous Article

PSSI UPAYAKAN INDONESIA JADI TUAN RUMAH AFF 2020

Next Article

UPAYA PERLINDUNGAN HABITAT LUMBA-LUMBA DI KEPULAUAN FAROE

Related Posts