Sulit Bangun dari Tempat Tidur di Pagi Hari Tanda Gejala Dysania?

Hayoo siapa di sini yang suka meng-snooze atau mematikan alarmnya di pagi hari lalu lanjut tidur lagi? Apabila lo sering melakukannya secara berkelanjutan, bisa jadi lo mengidap dysania.

Dysania adalah kondisi di mana seseorang merasa sulit untuk beranjak dari tempat tidur di pagi hari. Kondisi ini juga bisa terjadi mesipun orang tersebut sudah tidur berjam-jam atau lebih lama dari biasanya.

Biasanya, pengidap dysania butuh waktu hingga dua jam atau lebih untuk dapat benar-benar meninggalkan kasur. Selain merasa sulit bangun dari kasur, penderita dysania juga kerap merasa cemas ketika meninggalkan kasur.

Berdasarkan laman WebMD, ada beberapa penyebab dysania. Beberapa penyebab itu antara lain depresi, sindrom kelelahan kronis, fibromyalgia atau rasa nyeri di sekujur tubuh, sleep apnea atau gangguan pernapasan saat tidur, dan anemia.

Namun tenang saja, dysania dapat diatasi melalui beberapa cara. Penderita dysania disarankan untuk berjalan kaki secara teratur di pagi dan siang hari, membatasi asupan kafein dan alkohol, serta membuat jadwal tidur yang konsisten. Selain itu, disarankan pula untuk melakukan relaksasi sebelum tidur dan menciptakan suasana tidur yang nyaman.

Nah, jadi enggan bangun dari kasur belum tentu hanya karena lo mager, My Muse. Apabila memang lo merasa mengalami dysania, segera lakukan cara-cara di atas atau menghubungi ahli kesehatan ya!

Image Source from iStockPhoto/amenic181

Total
0
Shares
Previous Article

Tren 'Blokecore': Mix and Match Pakaian dengan Jersey Bola

Next Article

Asal Muasal Istilah "Dari Hong Kong" yang Marak Digunakan

Related Posts