STEVE VERZE JADI ORANG PERTAMA DI DUNIA YANG PAKAI MATA PALSU CETAK 3D

Seorang pria bernama Steve Verze menjadi orang pertama di dunia yang menerima mata palsu yang dicetak secara tiga dimensi (3D).

Seorang pria bernama Steve Verze menjadi orang pertama di dunia yang menerima mata palsu yang dicetak secara tiga dimensi (3D). Insinyur asal London Timur ini menerima mata palsu 3D di Rumah Sakit Mata Moorfields.

Melansir dari teknologi.id (29/11/2021), pihak rumah sakit mengatakan bahwa mata protestik jenis ini menjadi mata digital pertama yang dibuat untuk pasien. Menurut mereka, mata digital memberikan penglihatan yang lebih realistis dibandingkan alternatif lainnya.

Proses pencetakan 3D pun mampu memangkas waktu pengembangan mata palsu yang biasanya menghabiskan enam minggu menjadi dua atau tiga minggu saja. Perbedaan lainnya dengan mata palsu tradisional adalah cara pengembangannya. Pengembangan mata protestik biasa biasanya membutuhkan cetakan rongga mata, sedangkan mata protestik 3D memindai soket secara digital untuk membuat gambar yang detail.

Pihak rumah sakit juga memindai mata fungsional Verze agar terlihat sama. Hasil pindaian dikirim ke Jerman untuk dicetak sebelum dikirim kembali ke Inggris, di mana tahap penyelesaian dan pemolesan dilakukan oleh ahli mata dari Rumah Sakit Mata Moorfields.

“Saya membutuhkan prostetik sejak saya berusia 20 tahun dan saya selalu merasa sadar diri tentang itu. Ketika saya meninggalkan rumah, saya sering melihat ke cermin untuk kedua kalinya dan saya tidak menyukai apa yang saya lihat. Tapi, mata baru ini terlihat menakjubkan. Dan karena berdasarkan teknologi pencetakan digital 3D, masa depan mata prostetik akan menjadi lebih baik lagi,” ujar Verze.

Wah, keren banget ya. Semoga teknologi serupa juga bisa segera dikembangkan di Indonesia dan negara-negara lainnya ya!

Total
0
Shares
Previous Article

SURVEI UNGKAP 95 PERSEN ORANG INDONESIA RELA NONTON IKLAN DEMI LAYANAN STREAMING TV GRATIS. KAMU JUGA?

Next Article

SIAP-SIAP, BTS BERENCANA TAMPIL DI BATAM AWAL 2022

Related Posts