SOLUSI PEMERINTAH CEGAH JAKARTA TENGGELAM PADA 2030

Banyak pihak meramalkan Provinsi DKI Jakarta akan tenggelam 10 tahun lagi atau pada 2030.

Banyak pihak meramalkan Provinsi DKI Jakarta akan tenggelam 10 tahun lagi atau pada 2030. Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Greenpeace East Asia termasuk menjadi pihak yang membuat prediksi ini.

Melansir dari tempo.co (20/8/2021), penelitian dari Greenpeace East Asia yang menyitir beberapa studi serupa mengungkapkan bahwa Jakarta rawan banjir akibat drainase karena terletak di ketinggian 8 meter di atas permukaan laut dan dialiri 13 sungai. Analisis data spesial dari Greenpeace juga menemukan bahwa hampir 17 persen dari daratan Jakarta terletak di bawah permukaan laut dan akan terendam banjir 10 tahunan pada 2030.

Namun kamu jangan khawatir dulu. Berbagai prediksi ini dibantah oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria. Ia mengatakan, daratan Jakarta memang berpotensi terus menurun dan bisa terendam banjir, tetapi tidak dalam waktu 10 tahun. Pemerintah juga tidak tinggal diam untuk mencegah Jakarta tenggelam.

“Pemprov DKI Jakarta tetap mengupayakan agar Jakarta tidak tenggelam, di antaranya penyedotan air tanah. Pipanisasi PAM Jaya ditingkatkan agar kebutuhan air bersih semua dari PAM,” kata Ahmad, seperti dikutip dari merdeka.com (4/8/2021).

Ia menambahkan, ada empat langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk mencegah Jakarta tenggelam. Pertama, mengoptimalisasi waduk dengan cara melakukan pengerukan.

Selanjutnya, Pemprov DKI membangun drainase vertikal di berbagai tempat. Data terakhir pada 2020 menunjukkan Jakarta sudah punya 3.000 unit sumur dari 300.000 target sumur resapan baru.

Solusi yang ke-tiga adalah melakukan pembebasan lahan untuk normalisasi sungai. Terakhir, Pemprov DKI akan mempercepat pipanisasi air bersih di Jakarta untuk mengurangi penurunan tanah.

Mari kita berdoa agar solusi dari pemerintah tersebut bisa benar-benar mencegah Jakarta tenggelam ya. Jangan lupa, kita juga harus ikut rajin menjaga lingkungan seperti tak buang sampah sembarangan dan mengurangi eksploitasi air tanah.

Total
0
Shares
Previous Article

DAFTAR MASKAPAI YANG MELARANG PENGGUNAAN MASKER KAIN

Next Article

APAKAH PPKM DI JAWA DAN BALI AKAN BERAKHIR HARI INI?

Related Posts