Singapura, Thailand, Brunei, dan Malaysia Daftarkan Kebaya Sebagai Warisan Budaya Tak Benda

Singapura bersama Malaysia, Thailand, dan Brunei akan menominasikan kebaya ke dalam daftar warisan budaya tak benda UNESCO. Menurut Dewan Warisan Nasional (National Heritage Board/NHB), pendaftaran ini akan menjadi nominasi multinasional pertama bagi Singapura.

“Brunei, Malaysia, Singapura, dan Thailand sepakat untuk bekerja sama dalam nominasi multinasional ini karena kebaya mewakili dan merayakan sejarah bersama yang kaya di kawasan ini, mempromosikan pemahaman lintas budaya, dan terus secara aktif diproduksi dan dikenakan oleh banyak komunitas di seluruh Asia Tenggara,” ungkap NHB, seperti dikutip dari tribunnews.com (24/11/2022).

Nominasi tersebut juga akan menjadi nominasi pertama yang melibatkan empat negara. NHB pun mempersilakan apabila ada negara lain yang ingin bergabung dalam nominasi itu.

Rencananya, keempat negara tersebut akan mengajukan nominasi kebaya ke UNESCO pada Maret 2023. Hasil nominasi diharapkan akan diumumkan pada akhir 2024.

Sebagai informasi, kebaya adalah pakaian yang kerap digunakan oleh wanita di Asia Tenggara, terutama di Indonesia, Malaysia, Brunei, dan Singapura. Kebaya secara resmi sudah diakui sebagai pakaian nasional Indonesia. Sementara itu, Malaysia, Singapura, dan Brunei sebelumnya telah mengakui kebaya sebagai pakaian etnis di kalangan komunitas Melayu dan Peranakan.

Tak diketahui alasan mengapa Indonesia belum ikut serta dalam nominasi multinasional kebaya di UNESCO. Belum diketahui juga apakah Indonesia akan ikut serta atau tidak. Kalau menurut My Muse, sebaiknya Indonesia ikut atau tidak?

Photo from Shutterstock

Total
0
Shares
Previous Article

FIFA Pasang Chip pada Bola untuk Mendeteksi Offside Secara Otomatis

Next Article

Super Gemas! Kartun Tom and Jerry Akan Dibuat Versi Animasi Jepang

Related Posts