SIASAT TIDAK TERJEBAK PINJAMAN ONLINE

Pinjaman online (pinjol) menjadi salah satu alternatif pembiayaan yang dapat memudahkan masyarakat. Namun, masih banyak ditemukan pinjol ilegal yang beredar di tengah masyarakat.

Pinjaman online (pinjol) menjadi salah satu alternatif pembiayaan yang dapat memudahkan masyarakat. Namun, masih banyak ditemukan pinjol ilegal yang beredar di tengah masyarakat. Pinjol ilegal tersebut bukannya membantu masyarakat, justru menyulitkan dengan membuat masyarakat terlilit hutang hingga ratusan rupiah.

Karena itu, masyarakat perlu waspada dalam memilih pinjol. Melansir dari merdeka.com (24/6/2021), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menjelaskan paling tidak ada tujuh ciri-ciri dari pinjol ilegal. Ketujuh ciri itu ialah:

  1. Melakukan penawaran melalui pesan singkat.
  2. Menetapkan biaya yang sangat tinggi. Bisa mencapai 40 persen dari jumlah pinjaman.
  3. Suku bunga dan denda yang ditetapkan sangat tinggi, yaitu satu sampai empat persen per hari.
  4. Jangka waktu pelunasan sangat singkat dan tidak sesuai kesepakatan.
  5. Meminta akses semua data di ponsel, seperti kontak, foto, dan video. Mereka akan memanfaatkan data-data tersebut untuk melakukan peneroran saat peminjam gagal bayar.
  6. Menagih peminjam dengan cara yang tidak beretika. Mulai dari teror, intimidasi, hingga pelecehan.
  7. Tidak memiliki kantor dan kontak layanan pengaduan yang jelas.

Setelah mengenali ciri-ciri pinjol ilegal, masyarakat pun diharapkan mampu berhati-hati agar tidak terjebak oleh bujuk rayu mereka. Melansir dari kompas.com (2/9/2021), OJK memberikan tips lebih lanjut agar masyarakat bisa terhindar dari jebakan pinjol ilegal.

  1. Tidak mengklik tautan atau menghubungi kontak pinjol yang tersebar melalui SMS atau aplikasi chat.
  2. Jangan tergoda penawaran pinjaman tanpa agunan yang tersebar di SMS atau aplikasi chat.
  3. Cek legalitas perusahaan sebelum mengajukan pinjaman. Daftar pinjol yang terdaftar dan berizin OJK dapat dilihat di bit.ly/daftarfintechlendingOJK atau hubungi kontak OJK 157 @kontak157 melalui telepon 157, whatsapp 081157157157, atau email konsumen@ojk.go.id.

Semoga siasat-siasat di atas dapat membantu kamu terhindar dari jebakan pinjol ya. Waspadalah!

Total
0
Shares
Previous Article

GO ADS, LAYANAN TERBARU GOJEK UNTUK IKLAN DIGITAL UMKM

Next Article

MAHASISWA UGM OLAH KULIT SALAK JADI PERMEN ANTIDIABETES

Related Posts
Read More

6 TIPS CARI KERJA DI MASA PANDEMI

Mencari pekerjaan saat pandemi Covid-19 terasa lebih menantang daripada sebelumnya. Jumlah perusahaan yang membuka lowongan tidak sebanyak dulu, sedangkan jumlah pencari kerja kian bertambah. Namun, sulit bukan berarti mustahil.