Siapa yang Kalau Belanja Sering Diikutin Pegawai Toko?

Belanja memanglah suatu kegiatan yang asyik untuk melepas penat. Apalagi, ketika kita sudah terlalu aktif dalam menjalani hari, hitung-hitung self reward. Sayangnya, saat kita sedang asyik mengitari toko, para pegawai di sana justru malah mengikuti kita kemana pun.

Tak ayal, tindakan ini malah membuat calon pembeli risih dan berujung gagal belanja. Sebab, banyak calon pembeli yang merasa pegawai toko menaruh perasaan curiga dan berprasangka buruk terhadap mereka.

Padahal, sebenarnya para pegawai toko sudah memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP). Di mana, dalam SOP tersebut mereka dituntut untuk lebih aktif mendampingi pembeli saat berbelanja karena tindakan itu dianggap sebagai garda depan dalam dunia retail.

Saat melayani pembeli, para pegawai toko diminta untuk menemukan produk yang tepat bagi calon pembeli, mencari produk yang nggak ada di rak atau display, memberi pendapat mana produk yang terbaik untuk calon pembeli, hingga dituntut memenuhi target penjualan.

Meski begitu, nggak semua pegawai toko nyaman dengan SOP tersebut. Mereka merasa tindakan itu cukup membuat canggung antara pegawai toko dan pembeli. Akan tetapi mereka nggak punya pilihan lain karena takut ditegur oleh pihak manajemen.

Di sisi lain, perusahaan juga harus tahu kalau beberapa pembeli merasa nggak nyaman dengan SOP yang diterapkan untuk para pegawainya. Pasalnya, mereka merasa berbelanja adalah waktu yang tepat untuk me-time. Selain itu, kebanyakan calon pembeli sudah tahu apa yang ingin mereka beli atau hanya sekedar untuk melihat-lihat saja.

Sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh DisplayMode, menunjukkan bahwa 90 persen pembeli nggak suka diikuti, dengan 68 persen di antara mereka merasa risih dan 21 persen merasa terganggu oleh para pegawai toko.

Ada baiknya, perusahaan menyiapkan strategi lain untuk menyiasati ketidaknyamanan ini dengan cara membuat dua troli khusus yang berisi pilihan diantaranya, pembeli ingin ditemani pegawai dan pembeli ingin berbelanja sendiri. Kedua troli itu nantinya bisa diberikan warna yang berbeda sehingga lebih mudah dikenali.

Source Photo from Unsplash/Arturo Rey

Total
0
Shares
Previous Article

Teknologi Makin Canggih! Begini Ketika Wajah Selebriti Jadi Versi Avatar

Next Article

Snoop Dogg buat "Doggyland" konten yang Ramah untuk Anak-anak

Related Posts