Sering Ngomong Sendiri? Jangan Takut Dianggap Aneh

Nggak sedikit dari kita yang hobi banget ‘self-talk’ atau berbicara kepada diri sendiri. Sayangnya, masih ada orang yang menganggap kalau berbicara sendiri adalah tindakan aneh dan kurang waras. Padahal, tindakan ini punya banyak manfaat, lho.

Pertama, dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan memperkuat memori. Pernah nggak sih lo menghafal suatu hal dengan berbicara bukan diucap dalam hati? Bahkan menurut studi yang dilakukan oleh Memory, cara ini memang terbukti ampuh untuk memperkuat memori dan otomatis kemampuan lo untuk berpikir akan meningkat.

Kedua, berbicara sendiri dapat membantu lo melatih pengendalian diri. Terkadang, perasaan emosi yang melanda membuat kita tak berpikir panjang untuk berkata maupun mengambil suatu tindakan. Namun, dengan berbicara sendiri lo bisa mengambil waktu untuk meredam emosi dan memikirkan tindakan apa yang akan lo ambil selanjutnya.

Ketiga, bikin lo makin pede untuk berbicara di depan publik. Semakin dewasa lo harus semakin mahir untuk berbicara di depan umum. Alih-alih menonton tutorial lancar public speaking di YouTube, lo bisa melatih kemampuan itu dengan berbicara sendiri. Dengan berbicara sendiri, lo akan lebih lancar dalam berdialog.

Terakhir, membantu refleksi diri. Percaya nggak sih, sebagian orang sering banget berbicara sendiri untuk membahas hal-hal apa yang telah mereka miliki, introspeksi diri, atau sekedar “meromantisasi” diri mereka sendiri. Tenang, ini nggak aneh kok. Justru, hal ini bagus untuk membuat diri lo semakin berkembang.

Siapa di sini yang sering ngomong sendiri?  

Source Photo from Pexel/Andrea Piacquadio

Total
0
Shares
Previous Article

Fajar/Rian Raih Penghargaan "Most Improved Player of The Year" dari BWF

Next Article

'Petualangan Sherina 2' Tengah Digarap, Siap Tayang pada 2023

Related Posts