Sering Menimbun Barang Bekas? Bisa Jadi Lo Mengidap ‘Hoarding Disorder’

Seringkali kita melihat orang yang hobi menimbun barang-barang bekas yang bahkan sudah menjadi sampah. Hal tersebut memang nggak biasa, tetapi ternyata banyak orang-orang yang melakukan hal serupa.

Biasanya, ada banyak faktor yang menjadi penyebab seseorang hobi menimbun barang-barang bekas. Salah satunya, lantaran merasa barang tersebut memiliki kemasan unik sehingga sayang untuk dibuang serta merasa akan berguna di kemudian hari.

Menurut American Psychiatric Association, kondisi ini dinamakan ‘hoarding disorder’. ‘Hoarding disorder’ merupakan gangguan psikologis yang terjadi di mana seseorang sering menimbun barang-barang bekas atau sampah. Sementara, diketahui sekitar dua sampai enam persen jumlah manusia juga mengalami ‘hoarding disorder’.

Kondisi ini mungkin terlihat sepele, namun jika dilakukan secara terus-menerus akan berdampak buruk pada masalah kesehatan karena rumah lo jadi berantakan dan setiap sudutnya akan dipenuhi oleh sampah.

Bisa dibayangkan akan seperti apa nantinya jika rumah lo penuh sampah, sudah pasti akan mengganggu seseorang yang ingin bertamu ke rumah lo. Mereka pasti akan beranggapan bahwa pemilik rumah nggak bisa menjaga kebersihan.

Ketika rumah lo dipenuhi sampah, sudah pasti hal itu akan mengganggu kondisi kesehatan lo. Misalnya, sampah yang nggak dibuang bisa membusuk dan menimbulkann bau menyengat. Sampah-sampah itu juga akan menyebar kuman sehingga menjadi sarang penyakit.

Bukan hanya kesehatan fisik namun kondisi mental lo juga jadi terganggu. Terganggunya pikiran akan memengaruhi gaya hidup sehingga menjadi berantakan. Aktivitas jadi nggak teratur, munculnya stres, pergerakan juga jadi terhambat karena banyak sampah.

Source Photo from Muse Media/Nafyh

Total
0
Shares
Previous Article

Waktu dan Tempat untuk Menikmati Gerhana Bulan Total Malam Ini

Next Article

Tinggal 4 Hari Lagi Menuju Vindes Sport Tiba Tiba Tenis!

Related Posts