Sering Menghindar Ketika Ada Telepon Masuk? Mungkin Lo Mengalami ‘Phone Anxiety’

Di zaman yang serba canggih, komunikasi melalui telepon tetap dan akan selalu dibutuhkan. Tujuannya, agar maksud yang ingin disampaikan dapat dijabarkan dengan jelas. Pasalnya, nggak semua orang bisa paham penjelasan melalui pesan chat.

Akan tetapi, ternyata ada sebagian orang yang merasa takut ketika ada telepon masuk. Bahkan, ada juga yang sengaja membiarkan telepon hanya berdering lantaran nggak segan untuk mengangkat telepon tersebut.

Ternyata, kondisi tersebut dinamakan ‘phone anxiety’ atau ‘telephobia’, yaitu kondisi di mana lo takut akan percakapan via telepon, baik melakukan panggilan ataupun menerima panggilan. Kondisi ini ditandai dengan kebiasaan menunda dan menghindari telepon masuk lantaran merasa gelisah, grogi, dan cemas.

Namun, perlu diketahui ‘phone anxiety’ ini dapat memunculkan efek detak jantung berdetak secara berlebihan, mual, sesak napas, pusing, dan tegang pada otot. Fenomena ini didasari akibat ketidakpastian akan respon seseorang. Selain itu, lo merasa bingung tentang topik apa yang akan dibahas selanjutnya.

Meski begitu, nggak semua orang yang menolak mengangkat telepon sudah pasti mengalami ‘phone anxiety’. Bisa jadi, karena enggan berbasa-basi untuk membahas hal-hal yang nggak penting alias nggak langsung intinya. Apalagi, kalau topik yang dibicarakan bisa disampaikan melalui pesan singkat atau email.

Alasan terakhir, karena memiliki kepribadian introvert alias tertutup terhadap lingkungan sosial sehingga merasa malu untuk mengobrol melalui telepon.

Siapa nih, yang sering merasa takut ketika ada telepon masuk?

Source Photo from Movie/The Shining

Total
0
Shares
Previous Article

Mulai 1 Januari 2023, BBM RON 88 dan 89 Berhenti Diperjualbelikan

Next Article

Padahal Waktunya Tidur, tapi Kenapa Kita Memilih Main HP Dulu?

Related Posts
Read More

6 TIPS CARI KERJA DI MASA PANDEMI

Mencari pekerjaan saat pandemi Covid-19 terasa lebih menantang daripada sebelumnya. Jumlah perusahaan yang membuka lowongan tidak sebanyak dulu, sedangkan jumlah pencari kerja kian bertambah. Namun, sulit bukan berarti mustahil.