Selain Butuh Support, Ini Cara Membantu Orang yang Terjangkit Depresi

Namanya juga hidup, pasti ada sisi baik dan sisi buruknya. Kalau sisi baik dipenuhi rasa bahagia, lain halnya dengan sisi buruk. Biasanya, sisi buruk dipenuhi tekanan dan nggak semua orang mampu menghadapinya. Bahayanya, bisa sampai mengakibatkan depresi.

Nah, ketika seseorang mengalami depresi, yang diperlukan sejatinya adalah dukungan dari orang terdekat. Ditambah dengan kasih sayang dan perhatian yang tulus. Meski begitu, cara tersebut belum tentu berhasil. Pasalnya, apabila salah langkah, kita berisiko memperparah keadaan mereka.

Akan tetapi, tenang aja. Masih ada berbagai cara lain kok yang bisa dilakukan untuk membantu mereka.

Pertama, cari tahu apa bedanya depresi dengan kondisi hati yang buruk. Sebab, orang dengan suasana hati buruk cenderung merasa tiba-tiba sedih karena mengingat peristiwa yang bikin sakit hati. Sementara, orang yang mengalami depresi lebih kehilangan minat terhadap hal-hal yang disukai, mudah lelah, nggak berselera makan, pola tidurnya kacau, serta menarik diri dari lingkungan sosial.

Kalau sudah begitu, yang perlu lo lakukan adalah menemani dan bertanya tentang kondisinya. Meskipun bikin nggak enak hati, namun lo tetap harus membuat pengidap membuka suara agar dia berpikir kalau dia nggak sendirian.

Biasanya, orang depresi juga takut untuk pergi ke psikolog atau psikiater. Nah, tugas lo di sini adalah membantu mereka untuk mencari ahli yang tepat juga cocok. Lo juga bisa menemani dia saat sudah mulai menjalani proses konsultasi. Terpenting, kalau memang belum siap ya jangan dipaksa.

Intinya, jangan pernah berkomentar seperti “lo harus banyak bersyukur”, “makanya banyakin ibadah”, serta komentar lainnya yang terkesan menyepelekan masalah yang dihadapinya. Terpenting, lo juga harus siap lahir batin sebelum memberi dukungan. Sebab, ada kalanya manusia juga bisa merasa nggak baik-baik saja, apalagi ketika menyangkut dengan batasan pribadi.

Source Photo from Unsplash/Jon Tyson

Total
0
Shares
Previous Article

Bukan Jaksel, Ternyata Surabaya yang Warganya Paling Jago Bahasa Inggris!

Next Article

Olivia Benson, Kucing Taylor Swift yang Punya Kekayaan Rp 1,5 Triliun

Related Posts