Segini Rata-rata IQ Anak Indonesia

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) membeberkan sebuah fakta terkait rata-rata skor IQ yang dimiliki oleh anak Indonesia pada tahun 2022, yaitu 78,49. Angka tersebut terbilang cukup jauh dari rata-rata yang diharapkan dinilai memprihatinkan.

“Keprihatinan tentu terasa, ketika kita lihat World Population Review menyampaikan bahwa IQ bangsa kita cukup rendah dibandingkan dengan beberapa negara yang lain. Salah satu sumbernya adalah low material sumber daya manusia kita belum optimal,” kata Kepala BKKBN Hasto Wardoyo, mengutip dari Republika, Rabu (14/12/2022).

Dalam data milik World Population Review 2022, Indonesia berada pada peringkat 130 dari 199 negara yang ada di dunia berkat capaian rata-rata skor IQ yang hanya mencapai 78,49. Pasalnya, jika dibandingkan, rata-rata IQ anak di negara tetangga seperti Laos, adalah 80,99, Filipina 81,64, Brunei Darussalam 87,58, Malaysia 87,58, Thailand 88,87, Vietnam 89,53 dan Myanmar 91,18.

Hasil rata-rata skor IQ ini menunjukkan kalau pembangunan sumber manusia di Indonesia masih cukup rendah. Ditambah dengan kemampuan serta bakat anak yang belum diasah dengan optimal, kurangnya literasi, adanya pernikahan dini, serta minimnya akses untuk pendidikan yang setara.

Sebagai informasi, Intelligence Quotients (IQ) adalah kemampuan seseorang untuk menalar, memecahkan masalah, belajar, memahami gagasan, berpikir, dan merencanakan sesuatu. Kecerdasan ini digunakan untuk memecahkan masalah yang melibatkan logika.

Source Photo from UNICEF Indonesia/Radit

Total
0
Shares
Previous Article

Kirim Makanan untuk Teman Berpotensi Kurangi Stres dan Perkuat Relasi

Next Article

Hubungan Bakal Awet Kalau Cowoknya yang Lebih Sayang, Setuju Nggak?

Related Posts