Sedang Terjebak Hubungan Tanpa Status alias ‘Situationship’? Jangan Baper

Kebanyakan remaja di Indonesia pasti pernah terjebak dalam hubungan tanpa status (HTS) atau yang lebih akrab disebut ‘situationship’. Dalam kondisi ini, doi disebut teman tapi hubungannya mesra, kalau disebut pacaran pun kedua pihak juga nggak pernah meresmikan hubungan.

Sekilas, hubungan tanpa status terlihat nyaman dijalankan lantaran nggak ada tuntutan satu sama lain. Lo nggak harus mengabari setiap saat, lo juga nggak perlu melakukan hal-hal spesial di momen tertentu. Enaknya lagi, lo tetap bisa merasakan kehadiran seseorang tanpa harus melangsungkan komitmen.

Sayangnya, HTS tak selalu berjalan mulus. Apalagi, jika salah satu di antara kedua pihak mulai menyimpan rasa suka. Padahal, pihak satunya lagi belum siap menjalin hubungan asmara. Menurut Ben Goresky selaku coach asmara asal Vancouver, HTS dilakukan bukan untuk memenuhi dasar cinta, melainkan kebutuhan lainnya, seperti seks, status sosial, maupun koneksi spiritual.

Menurut Goresky, hubungan tanpa status bisa berhasil dijalankan asalkan adanya komunikasi yang transparan dan keinginan kedua belah pihak yang sejalan. Intinya, lo perlu membicarakan dengan “pasangan” lo, jenis hubungan macam apa yang kalian inginkan. Jangan sampai suatu hari lo menuntut lebih.

Lo juga perlu memastikan soal ada atau tidaknya pihak lain yang terlibat secara intim, serta memastikan secara berkala bahwa keinginan kalian masih sejalan.

Intinya, penting bagi kedua belah pihak untuk jujur dengan perasaan masing-masing. Masalahnya, banyak yang gagal saat menjalani hubungan ini karena keinginan kedua belah pihak yang nggak sejalan, ditambah dengan kurang keterbukaan.

Terakhir, pikirkan apa alasan utama lo untuk menjalani hubungan tanpa status. Apakah karena lo masih takut untuk menjalani hubungan secara serius, atau karena lo merasa takut untuk mengungkapkan perasaan lo sebenarnya.

Jika dirasa alasannya nggak logis, lo bisa berhenti menjalani HTS dan fokus kepada tujuan lo. Sebab, perasaan yang dipendam atau nggak adanya status hubungan adalah suatu hal yang paling nggak menyenangkan untuk dijalani.

Source Photo from Unsplash/Etienne Boulanger

Total
0
Shares
Previous Article

Garap Industri Kreatif, MahakaX Akan Gandeng Konten Kreator Ternama

Next Article

Apa Iya, Pria Bisa Makan Lebih Banyak Sewaktu Makan Sama Pacar?

Related Posts