Seberapa Berpengaruh Jaket Angkatan bagi Anak-anak SMA?

Menurut sebagian orang, masa Sekolah Menengah Atas (SMA) menjadi masa-masa yang paling indah dan penuh nostalgia. Bukan tanpa alasan, namun memang banyak hal-hal menarik mulai terjadi pada saat itu.

Dimulai dari adanya ketertarikan antar lawan jenis, bertemu dengan teman yang sefrekuensi nan konyol, hingga mulai meng-eksplor hal-hal baru. Semua hal-hal tersebut pasti memiliki memori tersendiri yang membekas di hati bagi mereka yang melakukannya.

Namun, pembahasan tentang anak SMA nggak sampai di sini saja. Masih banyak hal-hal lain yang selalu menjadi identitas bagi para remaja tersebut. Salah satunya adalah jaket angkatan.

Eits, jangan salah. Meskipun hanya jaket, tetapi barang ini gak hanya jadi identitas semata. Menurut sebagian anak SMA, jaket angkatan adalah barang sakral yang harus selalu ada dan disimpan. Sebab, jaket angkatan dinilai memiliki pengaruh yang cukup besar bagi mereka yang memakainya. Kok bisa?

Pertama, jaket angkatan bisa dijadikan sebagai identitas dari sekolah mana lo berasal serta dari angkatan mana. Apalagi, kalau SMA lo jadi sekolah favorit, dijamin bikin makin kece pas dipakai.

Kedua, adanya rasa bangga yang muncul. Kebanggan ini didasari oleh rasa solid yang dimiliki masing-masing angkatan. Pasalnya, mereka percaya tindakan membuat jaket angkatan ini adalah bentuk setia kawan antar teman seangkatan.

Jaket ini juga bisa membuat seseorang terlihat ‘ditakuti’. Percaya gak percaya, hal itu memang benar adanya. Biasanya, para ‘pentolan’ di tiap angkatan yang senior ataupun sudah lulus akan menggunakan jaket angkatan saat berkunjung ke reuni sebagai penanda kalau ia adalah angkatan tertua. Hal ini lantas membuat para junior menjadi segan untuk berbincang meski hanya sekedar menyapa.

Terakhir, jaket angkatan menjadi penanda berubahnya siklus dari remaja menjadi dewasa. Biasanya, masa-masa sebelum pelaksanaan Ujian Nasional (UN) menjadi waktu yang tepat untuk membuat jaket angkatan. Hal ini tentunya menjadi penanda kalau secara nggak langsung, mereka siap untuk melepas masa remaja dan beralih jadi lebih dewasa.

Source Photo from Shutterstock/Quon_ID

Total
0
Shares
Previous Article

Warner Bros Ingin Membuat Lebih Banyak Film Harry Potter

Next Article

Kenalan Sama Busok, Kucing Asal Madura yang Sudah Diakui Dunia

Related Posts