SEBELUM MIGRASI, KENALI KELEBIHAN TV DIGITAL DIBANDINGKAN TV ANALOG

Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) No. 11 Tahun 2021 menyebutkan peralihan televisi (TV) analog ke tv digital resmi dilakukan dalam tiga tahap mulai April 2022.

Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) No. 11 Tahun 2021 menyebutkan peralihan televisi (TV) analog ke tv digital resmi dilakukan dalam tiga tahap mulai April 2022. Paling lambat, siaran TV analog sudah dihentikan sepenuhnya pada 2 November 2022.

TV digital memang memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan TV analog. Kelebihan utama terletak pada kualitas gambar. Berbeda dengan TV analog, kualitas TV digital tidak tergantung pada jarak dan lokasi geografis pemancar sinyal. TV digital juga didukung dengan bandwidth luas dan resolusi High-Definition yang membuat kualitas gambarnya semakin bagus.

 “Masyarakat bisa menikmati gambar yang lebih jelas, lebih bersih, dan suaranya menjadi lebih jernih. Tentu saja dengan migrasi ini akan banyak fitur lain yang bisa dimanfaatkan ketika kita pindah ke digital, termasuk fitur masalah kebencanaan,” ujar Plt. Direktur Jenderal Penyelenggaran Pos dan Informatika Kominfo, Ismail, seperti dilansir dari cnbcindonesia.com (19/8/2021).

Kelebihan TV digital lainnya terkait soal sinyal. Eksisting TV digital bisa menjangkau lebih banyak wilayah, bahkan wilayah blank spot yang selama ini tak terjangkau oleh eksisting TV analog. Dengan begitu, semua wilayah di Indonesia akan bisa menikmati layanan TV digital.

Lebih lanjut, kelebihan TV digital lainnya ialah isi kontennya lebih beragam tanpa perlu berlangganan dan gambarnya tidak kabur saat sinyalnya lemah. Jadi, masyarakat akan bisa menikmati tayangan yang lebih unggul, baik dalam hal konten maupun kualitas video dan audio.

Guna bisa menikmati tayangan TV digital, masyarakat tak perlu membeli TV baru. Cukup menambahkan alat bernama Set Top Box (STB) ke TV analog mereka. Antena juga tidak perlu diganti karena antena TV analog juga bisa menangkap siaran digital. Asyik, kan?

Total
0
Shares
Previous Article

CIRI-CIRI INVESTASI BODONG DAN TIPS MENGHINDARINYA

Next Article

PEMERINTAH AKAN BANGUN 6 BANDARA BARU TAHUN DEPAN, DI MANA LOKASINYA?

Related Posts