SDN 04 MEDAS, SEKOLAH PERTAMA YANG DIBANGUN DARI LIMBAH PLASTIK DAUR ULANG

Saat gempa berkekuatan 6,4 skala richter mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada 2018 lalu, bangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 04 Medas rusak bersama puluhan sekolah lainnya.

Saat gempa berkekuatan 6,4 skala richter mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada 2018 lalu, bangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 04 Medas rusak bersama puluhan sekolah lainnya. Sekolah ini berlokasi di Dusun Medas Bentaur, Desa Taman Sari, Kecamatan Gunungsari, Lombok Barat.

Tiga tahun berselang, SDN 04 Medas sudah kembali berdiri kokoh. Siap menyambut kembali para siswa untuk mengenyam pendidikan.
SDN 04 Medas sudah cukup hebat bisa berdiri kembali dalam waktu cukup cepat di tengah tantangan pandemi Covid-19. Namun, ada fakta lain yang membuat pembangunan kembali sekolah ini menjadi lebih spesial.

Hampir keseluruhan bangunan sekolah tersebut dibangun dengan bahan baku bata yang terbuat dari limbah plastik daur ulang atau biasa disebut ecobrick. Menjadikannya sebagai sekolah pertama dan satu-satunya di dunia yang menggunakan bahan baku ecobrick.

“Di negara lain baru rumah. Kayak di Afrika, di Finlandia, itu rumah yang dibangun dengan sistem ini. Kalau sekolah baru di Indonesia, di Lombok ini,” kata Satriawan Amri, Ketua Yayasan Pelita Foundation Lombok, seperti dikutip dari cnnindonesia.com (2/9/2021).

Satriawan mengaku tertarik menggunakan ecobrick setelah mendapat masukan dari donatur asal Australia. Ia tertarik karena pembangunannya menggunakan sistem zero waste alias bebas sampah. Selain itu, bangunan yang terbuat dari ecobrick juga tahan gempa.

“Kami sangat setuju, ini cocok sekali. Bisa mengatasi masalah sampah, masalah gempa. Jadi banyak masalah yang teratasi,” ujarnya.

Mereka menggunakan tiga ton sampah yang telah diolah menjadi bata untuk membangun satu ruang kelas berukuran 6×10 meter. Batu batanya sendiri diproduksi di Finlandia karena Indonesia belum bisa memproduksinya.

Total
0
Shares
Previous Article

STRATEGI RAIH CUAN DARI TRADING JANGKA PENDEK

Next Article

MENILIK ALASAN TIKTOK MEMBLOKIR KONTEN UANG KRIPTO

Related Posts