ROHADI, PNS TAJIR YANG CUCI UANG RP 40,5 MILIAR DIVONIS 3,6 TAHUN PENJARA

Mantan Panitera Pengadilan Negeri Jakarta Utara (PN Jakut), Rohadi kembali dijatuhi hukuman penjara setelah terbukti melakukan korupsi dan tindak pidana pencucian uang.

Mantan Panitera Pengadilan Negeri Jakarta Utara (PN Jakut), Rohadi kembali dijatuhi hukuman penjara setelah terbukti melakukan korupsi dan tindak pidana pencucian uang.

“Menyatakan terdakwa Rohadi telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan beberapa tindak pidana korupsi,” kata Ketua Majelis Hakim Albertus Usada saat membacakan amar putusan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (14/7).

Rohadi divonis berupa penjara selama 3,6 tahun penjara dengan denda Rp 300 juta subsider empat bulan kurungan.

Hakim Albertus Usada menyatakan Rohadi terbukti menerima suap dan gratifikasi.

Majelis hakim menyatakan Rohadi terbukti menerima suap dengan nilai total Rp 4,6 miliar dan gratifikasi sebesar Rp 11,5 miliar. Rohadi juga terbukti telah mencuci uang hasil suap dan gratifikasinya sejumlah Rp 40,5 miliar.

Namun, hukuman penjara untuk Rohadi tidak dikurangi masa penahanan. Sebab, Rohadi sedang menjalani hukuman pada perkara sebelumnya, yakni penerimaan suap dari pedangdut Saipul Jamil.

Vonis itu lebih ringan dari tuntutan yang diajukan tim jaksa penuntut umum dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sebelumnya JPU meminta majelis hakim menghukum Rohadi dengan penjara selama lima tahun dan denda Rp 300 juta subsider enam bulan kurungan.

Majelis hakim dalam menjatuhkan vonis itu juga mempertimbangkan hal-hal yang memberatkan ataupun meringankan hukuman. Hal yang memberatkan ialah perbuatan Rohadi tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas korupsi.

Lalu, hal yang meringankan ialah Rohadi bersikap kooperatif selama menjalani peradilan, berterus terang di persidangan, mengaku bersalah, dan merupakan tulang punggung keluarga.

sumber : jpnn.com

Total
0
Shares
Previous Article

GOFAR HILMAN SIAP TEMPUH JALUR HUKUM ATAS KASUS DUGAAN PELECEHAN SEKSUAL

Next Article

MULAI HARI INI, PEMERINTAH AKAN BAGIKAN PAKET OBAT GRATIS KE PASIEN COVID-19 YANG MENJALANKAN ISOMAN

Related Posts