Ratusan Mahasiswa IPB Terjerat Pinjol Sebesar Rp 2,1 M

Sebanyak 311 mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) terjerat pinjaman online alias pinjol yang diperkirakan mencapai Rp 2,1 miliar! Akibat jeratan hutang pinjol itu, sebagian mahasiswa IPB ditagih oleh debt collector untuk melunasi hutang-hutang tersebut.

Kasus bermula ketika ratusan mahasiswa ini diajak bekerja sama dalam sebuah usaha penjualan online di toko online milik terduga pelaku berinisial SAN. Para mahasiswa ini juga dijanjikan akan mendapat keuntungan 10 persen per transaksi.

Pelaku juga meminta mahasiswa untuk membeli barang di toko online milik pelaku. Namun, apabila mahasiswa tidak mempunyai uang, maka pelaku meminta mahasiswa melakukan pinjaman online. Sayangnya, uang hasil pinjaman tersebut justru masuk ke pelaku dan barang juga yang dijual itupun juga tak kunjung diserahkan oleh pelaku.

Demi memperlancar aksinya, pelaku berjanji akan membayar cicilan utang dari pinjaman online yang dilakukan oleh para mahasiswa. Alhasil, mereka pun tertarik untuk ikut bergabung.

Kasus ini kemudian membludak setelah Polresta Bogor menerima adanya dua laporan polisi (LP) dan 29 aduan terkait penipuan yang mengakibatkan sebagian besar mahasiswa terjerat pinjaman online.

Atas kejadian ini, Ketua Satgas Waspada Investasi (SWI) Tongam L Tobing memberi tanggapan kalau dugaan penipuan yang mengakibatkan ratusan mahasiswa IPB terjerat pinjol ini adalah bentuk modus baru.

“Kasus ini termasuk penipuan modus baru, yang melakukan penipuan berkedok toko online dengan penjualan barang fiktif yang ternyata para korban sepakat bahwa barang yang dibeli sudah sampai padahal tidak ada barangnya,” ujar Tongam, dikutip dari Detik, Kamis (17/11/2022).

Kini, pihak SWI, Polresta Bogor, dan pihak Rektorat IPB, saling bekerja sama untuk menangani kasus tersebut agar segera ditegakkan oleh hukum.

Source Photo from headtopics.com

Total
0
Shares
Previous Article

Anggota G7 Sempat Gelar Rapat Dadakan di Sela-sela KTT G20 Imbas Rudal yang Hantam Polandia

Next Article

Balenciaga dan Sederet Selebritas Cabut dari Twitter Usai Diakuisisi Elon Musk

Related Posts