Positive Vibes Selenggarakan “Selalu Ada Rasa Di Setiap Kata” untuk Tingkatkan Awareness Kesehatan Mental

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan tahun 2018 mencatat ada lebih dari 19 juta penduduk Indonesia menderita gangguan kesehatan mental. Kebanyakan penderita berasal dari kalangan remaja dan dewasa.

Sayangnya, terganggunya kesehatan mental menjadi masalah yang sejak dulu hingga sekarang masih jarang mendapat perhatian dan penanganan yang serius. Masyarakat juga masih menganggap masalah kesehatan mental adalah hal yang tabu untuk dibicarakan dan berpikiran bahwa orang yang mengalami gangguan kesehatan mental sudah pasti “gila”.

Kurangnya kepedulian dari lingkungan sekitar inilah yang membuat para penderita gangguan kesehatan mental menjadi takut untuk menceritakan masalah mereka. Hal ini bisa membuat gangguan yang dialami semakin parah.

Melihat fenomena tersebut, Positive Vibes sebagai platform media sosial yang bertujuan menciptakan lingkungan positif, ingin meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya kesehatan mental dengan mengadakan mental health talkshow dan art installation bertajuk “Selalu Ada Rasa Di Setiap Kata”. Eventnya berlangsung di Multifunction Hall Sarinah lantai 5, Thamrin, Jakarta Pusat, pada Sabtu (12/11/2022).

Dipimpin oleh host Cindy Lauw, sesi Mental Health Talkshow menampilkan narasumber Hoshael Waluyo Erlan selaku konselor kesehatan mental dan Managing Director di Fissura Consultant, serta Indonesian Mental Health Advocate Jerren Lim. Mereka membahas tentang tingkat awareness masyarakat Indonesia saat ini terhadap kesehatan mental, stigma yang salah mengenai isu kesehatan mental, kecenderungan anak muda untuk melakukan diagnosis masalah kesehatan mental mereka sendiri, serta pentingnya menyadari kesehatan mental sedini mungkin.

Hadir pula pemeran dari “Healing The Series”, yaitu Avan the Love, Alifa Lubis, dan Luz Victoria. “Healing The Series” adalah hasil kolaborasi antara Sabi Kreasi dan Arkana Film Studio yang tayang di MAXStream. Series ini menceritakan tentang Tita (Adinda Azani) yang ingin memperbaiki kondisi psikisnya usai diputuskan oleh kekasihnya, Dio (Teuku Rassya). Tita sangat ingin mendapatkan ketenangan setelah putus dari pacarnya dengan cara melakukan perjalanan untuk healing ke tempat bernama Rumah Tenang.

Di event tersebut, pengunjung juga bisa menikmati instalasi seni #SelaluAdaRasadiSetiapKata dari Positive Vibes dan penampilan musik dari pop rock band Nineball. Menggandeng media digital KegelisahART, “Selalu Ada Rasa Di Setiap Kata” juga menghadirkan aktivitas mewarnai sebagai bentuk terapi gangguan kesehatan mental..

“Selalu Ada Rasa Di Setiap Kata” juga menjadi momentum peluncuran webiste Positive Vibes. Harapannya, website ini dapat menjangkau masyarakat secara lebih luas sehingga kesadaran masyarakat terkait kesehatan mental semakin meningkat. Website ini juga ditujukan untuk menjangkau para ahli kesehatan mental dengan lebih mudah.

Photo by Positive Vibes

Total
0
Shares
Previous Article

Tanaman dan Ibu-ibu, Dua Sejoli yang Gak Bisa Terpisahkan

Next Article

Hasil Laga Uji Coba Piala Dunia U-20 2023: Timnas Indonesia U-20 Kalah dari Prancis

Related Posts