POLEMIK SONGKET: UNESCO UMUMKAN SONGKET WARISAN BUDAYA MALAYSIA

UNESCO meresmikan songket sebagai Warisan Budaya Tak Benda dari Malaysia. Peresmian ini diumumkan dalam sidang sesi ke-16 Komite Antar Pemerintah untuk Perlindungan Warisan Budaya Tak Benda yang berlangsung di Paris, Perancis, pada 15 Desember 2021.

UNESCO meresmikan songket sebagai Warisan Budaya Tak Benda dari Malaysia. Peresmian ini diumumkan dalam sidang sesi ke-16 Komite Antar Pemerintah untuk Perlindungan Warisan Budaya Tak Benda yang berlangsung di Paris, Perancis, pada 15 Desember 2021.

Di laman situs UNESCO dituliskan bahwa songket merupakan kain tenun tangan tradisional Malaysia yang dibuat oleh para perajin perempuan di Semenanjung Malaya dan Sarawak. Melansir dari @akurat.co (19/12/2021), songket sebenarnya juga dikenal sebagai pakaian tradisional etnis Melayu di Indonesia, Singapura, dan Brunei.

Karena itu, keputusan UNESCO tersebut menuai banyak kritik dari masyarakat Indonesia. Selama ini songket dikenal sebagai kain khas dari Indonesia, khususnya dari Sumatera Selatan.

Jadi, sebenarnya dari mana kain songket itu berasal?

Seniman Tari, Pegiat Budaya/Pelestari Kain Palembang, Mirza Indah Dewi, mengatakan bahwa songket sudah dikenal sejak zaman Sriwijaya dan zaman Kesultanan Palembang Darussalam. Motif-motif songket yang beragam terinspirasi dari berkembangnya masa sebelum Islam hingga zaman Kesultanan Palembang Darussalam.

“Bahkan beberapa para sejarawan dan para peneliti sejarah songket, memperkirakan bahwa songket sendiri sudah ada sejak zaman Sriwijaya dan berkembang di masa Kesultanan Palembang Darussalam. Judul skripsi saya sendiri adalah Ragam Motif Songket pada Masa Kesultanan Palembang Darussalam, dikarenakan keluarga saya masih menyimpan koleksi songket ukuran ratusan tahun dan sudah 4 generasi,” ucap Mirza.

Pada masa Kerajaan Sriwijaya, kekayaan emas cukup berlimpah sehingga digunakan sebagai bahan dasar benang kain songket. Songket pun menjadi kain pelengkap pakaian kebesaran para istri, kerabat keraton, dan para Sultan Palembang.

Mirza sangat menyayangkan keputusan Malaysia yang mendaftarkan songket sebagai warisan budaya dari negaranya ke UNESCO. Padahal, imbuhnya, kain songket sudah terdaftar di UNESCO sejak 2013, sehingga semua orang tahu bahwa songket adalah warisan budaya dari Palembang, Sumatera Selatan.

Total
0
Shares
Previous Article

GOL DEBUT ELKAN BAGGOTT ANTARKAN TIMNAS HANCURKAN MALAYSIA 4-1

Next Article

TAKUT MASUK NERAKA, KORUPTOR BAWA UANG DALAM PETI MATI UNTUK SUAP TUHAN

Related Posts
Read More

MASYARAKAT BISA LAPOR JIKA MASIH DISURUH WFO

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Panjaitan, meminta Menteri Tenaga Kerja (Menaker), Ida Fauziah, untuk mengeluarkan surat perintah agar perusahaan sektor non esensial memberlakukan kerja dari rumah atau work from home (WFH) 100 persen.