POIN-POIN PENTING YANG WAJIB DIKETAHUI CALON PNS

Buat kamu yang sedang mengejar cita-cita menjadi PNS, kami punya beberapa informasi penting seputar dunia PNS nih. Dengan mengetahui informasi-informasi ini, diharapkan kamu bisa menjalani proses seleksi dengan lancar dan menjadi PNS yang profesional setelah lolos tes nanti.

Beberapa masyarakat Indonesia saat ini sedang menjalani proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021. Apakah kamu salah satunya?

Buat kamu yang sedang mengejar cita-cita menjadi PNS, kami punya beberapa informasi penting seputar dunia PNS nih. Dengan mengetahui informasi-informasi ini, diharapkan kamu bisa menjalani proses seleksi dengan lancar dan menjadi PNS yang profesional setelah lolos tes nanti.

Apa saja informasinya? Simak, yuk!

Skor minimal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

CPNS yang mengikuti tahapan SKD harus memenuhi batas nilai minimal atau passing grade yang telah ditetapkan untuk bisa dinyatakan lulus. Melansir dari tirto.id (16/9/2021), penetapan skor minimal dibedakan atas masing-masing formasi dan materi SKD yang diujikan.

Skor minimal total SKD untuk formasi jabatan Kebutuhan Umum, Kebutuhan Khusus Cumlaude, Kebutuhan Khusus Diaspora, dan Kebutuhan Umum Dokter adalah 311. Sementara itu, skor minimal total SKD untuk formasi jabatan Kebutuhan Khusus Disabilitas, Kebutuhan Khusus Putra/Putri Papua dan Papua Barat, serta Kebutuhan Umum ABK, rescuer, dan Pengamat Gunung Api ialah 286. Kamu bisa cari informasi lebih lanjut tentang passing grade setiap materi SKD yang diujikan untuk masing-masing formasi jabatan.

Kewajiban PNS

Kalau kamu lolos tes seleksi CPNS nanti, kamu sebaiknya mengetahui kewajiban-kewajiban yang dimiliki para PNS. Kewajiban ini harus kamu penuhi agar tidak terkena hukuman disiplin.

Melansir dari trenasia.com (16/9/2021), kewajiban, larangan, serta hukuman disiplin bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) diatur dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (PP) Nomor 94 Tahun 2021. Beberapa kewajiban itu antara lain menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), serta menggunakan dan memelihara barang milik negara sebaik-baiknya.

Larangan PNS

Selain kewajiban kewajiban, ada pula ketentuan larangan yang wajib dipatuhi para PNS. Misalnya, menyalahgunakan wewenang, menjadi pegawai atau bekerja untuk negara lain, serta melakukan pungutan di luar ketentuan.

Sebelum resmi bekerja sebagai PNS, sebaiknya kamu mencari tahu dan mempelajari peraturan kewajiban dan larangan secara lengkap. Jangan sampai kamu dijatuhi hukuman disiplin saat kamu baru saja mulai bekerja. Semoga sukses!

Total
0
Shares
Previous Article

PEMERINTAH OPTIMIS INDONESIA AKAN JADI PRODUSEN UTAMA BATERAI MOBIL LISTRIK

Next Article

TREN KONSUMSI DIGITAL DI INDONESIA TAHUN INI

Related Posts