Pernah Lihat Stiker “Happy Family” di Mobil? Kriminolog Imbau Bahayanya

Kehadiran stiker “happy family” cukup marak di Indonesia. Biasanya, stiker ini berupa gambaran silsilah keluarga dan ditempel di kaca belakang mobil. Meski menurut sebagian orang stiker ini hanyalah berupa hiasan semata, namun lain halnya untuk tindak pelaku kriminal.

Menurut seorang kriminolog bernama Terry Goldsworthy, ketika seseorang menggunakan stiker “happy family” di kendaraan pribadinya, sama saja dirinya telah menyebarkan informasi pribadi yang bersangkutan dengan struktur, nama, dan profesi masing-masing anggota keluarga.

“Mereka (penjahat) menjadi tahu struktur keluargamu, mobilmu, dan di mana kamu tinggal. Ketika kamu menganggap itu mungkin tak penting, maka (korbannya) akan terus bertambah,” ujar Goldsworthy, dikutip dari Detik, Minggu (25/12/2022).

Bahayanya, melalui stiker ini pula banyak ancaman kejahatan terjadi, seperti penculikan, perampokan, hingga bentuk kejahatan lainnya yang dapat mengancam keselamatan anggota keluarga.

Monica Liebenow, sang penemu stiker “happy family”, mengaku nggak menyangka kalau barang temuannya dapat mengancam keselamatan orang lain. Ia juga merasa menyesal karena telah membuat stiker itu. Sebab, di awal ia hanya ingin menciptakan sesuatu yang dapat membuat setiap orang merasa bangga dengan silsilah keluarganya.

Source Photo from rnf.suci Shopee

Total
0
Shares
Previous Article

Badai Salju Menerjang Amerika Serikat

Next Article

Kebiasaan Mengkhayal Sebelum Tidur Tanda Pikiran yang Kreatif?

Related Posts