PER OKTOBER, INI ALTERNATIF APLIKASI PEDULILINDUNGI UNTUK PENUMPANG PESAWAT DAN KERETA API

Sekarang ini pengguna moda transportasi kereta api dan pesawat wajib memiliki aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat perjalanan.

Sekarang ini pengguna moda transportasi kereta api dan pesawat wajib memiliki aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat perjalanan. Namun, banyak pelaku perjalanan yang mengeluhkan kebijakan ini. Ada yang mengeluh kesulitan menggunakan aplikasinya, ada yang memori ponselnya tak cukup untuk mengunduh aplikasi itu, dan berbagai permasalahan lainnya.

Menyikapi permasalahan tersebut, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memutuskan untuk membuat alternatif pengunaan aplikasi PeduliLindungi bagi pelaku perjalanan. Chief Digital Transformation Office Kemenkes, Setiaji, mengatakan bahwa salah satu solusi yang diberikan adalah integrasi PeduliLindungi dengan berbagai aplikasi lain yang sudah banyak dipakai masyarakat. Misalnya, Gojek, Grab, Traveloka, Tokopedia, Tiket.com, Jaki, dan LinkAja.

“Jadi tidak harus menggunakan PeduliLindungi, tapi Anda bisa mendapatkan fitur-fitur dalam PeduliLindungi. Ini kami akan launching (rilis) Oktober,” ucapnya, seperti dikutip dari cnnindonesia.com (27/9/2021).

Setiaji pun mengungkapkan solusi lainnya. Menurutnya, validasi calon penumpang kereta api sudah dilakukan saat pembelian tiket. Sistem pembelian tiket kereta api di platform daring sudah terintegrasi dengan layanan fasilitas kesehatan atau laboratorium. Jadi, calon penumpang tetap bisa melakukan perjalanan tanpa ponsel sekalipun.

Sementara itu, validasi calon penumpang pesawat dapat dilakukan lewat pengecekan Nomor Induk Kependudukan (NIK) di bandara. Dari NIK tersebut akan terlihat status apakah si calon penumpang layak bepergian atau tidak.

Dengan alternatif ini, masyarakat pun bisa bepergian dengan mudah tapi tetap tervalidasi status kesehatannya. Bagaimana pendapatmu soal kebijakan ini?

Total
0
Shares
Previous Article

CAPAIAN PENDAPATAN NEGARA DAN HIBAH TUNJUKKAN TREN POSITIF

Next Article

DERETAN PROMO RESTORAN AKHIR SEPTEMBER. JANGAN SAMPAI KETINGGALAN!

Related Posts