Pentingnya Penyelanggara Acara Memahami ‘Crowd Management’ Agar Tetap Kondusif

Maraknya berbagai jenis acara-acara offline, seperti konser musik dan jumpa penggemar alias meet and greet, turut menarik perhatian penggemar. Namun, alih-alih menghibur acara-acara tersebut justru malah menimbulkan banyak korban belum lama ini.

Atas kejadian tersebut, bukan hanya penonton yang harus berkaca dan melindungi diri mereka dari kerumunan. Akan tetapi, pihak penyelenggara acara juga harus memahami serta menerapkan ‘crowd management’ agar acara dapat terlaksana dengan baik dan dapat dinikmati.

Adapun, terdapat beberapa hal yang harus dilakukan untuk menciptakan ‘crowd management’ yang kondusif.

Pertama, menjalin kerja sama dan rajin melakukan diskusi antar sesama panitia. Tujuannya, agar tidak ada miskomunikasi saat acara berlangsung, sehingga para penonton tak kebingungan dan simpang siur. Pasalnya, gak sedikit pihak penyelenggara acara yang kurang informatif. Akibatnya, acara berlangsung riuh tak beraturan.

Kedua, memastikan kerumunan penonton berada di lokasi yang luas dan kondusif. Hal ini seringkali kurang diperhatikan oleh pihak penyelenggara. Dampaknya, para penonton banyak yang berdesak-desakkan hingga kehilangan oksigen.

Ketiga, pikirkan rencana untuk pertolongan pertama saat bahaya mendesak. Namanya acara, pasti ada kejadian yang membahayakan, contohnya saat ada penonton yang pingsan. Meskipun ada tim medis, namun pihak panitia juga harus bisa belajar melakukan pertolongan pertama agar lebih optimal.

Terakhir, pastikan kapasitas penonton sesuai dengan lokasi yang dipilih. Belum lama ini, banyak acara yang bertekad untuk mencari penonton sebanyak-banyaknya tanpa memikirkan kapasitas dari lokasi yang dipilih. Ujung-ujungnya jadi over kapasitas, acara pun juga jadi gak berjalan sesuai yang diharapkan dan kehilangan penonton.

Source Photo from Shutterstock/Joey Lonely

Total
0
Shares
Previous Article

Usai Dihujat, Kiky Saputri Malah Kirim Uang untuk Haters

Next Article

Lakukan Hal Ini Kalau Lo Gak Mau Terjebak Macet Saat Pulang

Related Posts