Pendiri Mixue Zhang Hongchao, Nekat Dirikan Mixue Berkat Pinjam Uang Neneknya!

Keberadaan Mixue sebagai kedai es krim terbilang cukup menjamur di seluruh penjuru Indonesia. Bahkan, hampir di setiap kecamatan kedai ini selalu berseberangan maupun bersebelahan. Nggak heran, banyak masyarakat Indonesia yang membuat candaan kalau negara kini tengah ‘dijajah’ oleh Mixue.

Banyaknya cabang Mixue bukanlah tanpa alasan, selain rasanya yang enak dan tergolong variatif, harganya juga cukup murah. Harga es krim dan minuman di sana dibanderol mulai dari Rp 8 ribu hingga Rp 24 ribuan saja, lho!

Namun, keberhasilan Mixue nggak terlepas dari kerja keras sang pendiri, yakni Zhang Hongchao. Siapa sangka, untuk memulai usaha ini Hongchao harus meminjam uang dari sang nenek. Mulanya, Hongchao bekerja sambilan di toko es serut selama musim panas.

Selama bekerja paruh waktu, ia menemukan peluang dan memiliki ide untuk memulai bisnisnya sendiri bernama Mixue Bingcheng. Dengan modal 4.000 Yuan atau sebesar Rp 9 juta rupiah, Hongchao membuka sebuah gerai kecil dengan mesin es serut yang dirakit sendiri. Produk yang ia jual di toko ini adalah es serut, es krim, smoothies, serta teh susu.

Pada saat itu jenis es krim baru bermunculan dengan bentuk obor karena bertepatan dengan Olimpiade Beijing 2008. Hongchao lantas menjual produk tersebut dengan harga 2 Yuan saja. Hal itu tentunya menambah peluang Mixue Bingcheng untuk bersinar. Pasalnya, kedai es krim lain menjual dengan harga 10 Yuan lebih. Memiliki harga yang lebih murah, alhasil Mixue banyak diincar oleh pembeli.

Kini, Mixue telah memiliki 20 ribu outlet di China dan lebih dari 10 ribu outlet di luar negeri. Mixue juga mengoperasikan pabrik bahan baku sendiri termasuk lima pusat pergudangan dan logistik regional.

Source Photo from inf.new

Total
0
Shares
Previous Article

Pendiri Studio Pierrot Yuji Nonakawa Kreator "Naruto" dan "Bleach" Meninggal Dunia

Next Article

Kenapa KKN Sering Jadi Ajang Cinlok untuk Mahasiswa?

Related Posts