pemerintah fokus ke umkm untuk pulihkan ekonomi

Pemerintah memberikan dukungan dana sebesar Rp 184 triliun pada 2021 bagi UMKM dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Pemerintah memberikan dukungan dana sebesar Rp 184 triliun pada 2021 bagi UMKM dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Angka tersebut naik dibanding tahun sebelumnya yang sebesar Rp 173 triliun.

“Kita lihat pemerintah concern mendukung penguatan UMKM. Alokasi anggaran PEN mengalami kenaikan,” kata Sekretaris Menteri Perekonomian, Susiwijono dalam webinar “Penguatan Dukungan UMKM dan Sektor Ketenagakerjaan sebagai Pengungkit Pertumbuhan Ekonomi 2021” di Jakarta, Jumat 12 Maret 2021.

Kemudian alokasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) juga mengalami kenaikan sebesar Rp 253 triliun pada 2021. Pemerintah melakukan hal tersebut karena peran UMKM sangat sentral di dunia usaha.

Bantuan lain yang diberikan pemerintah untuk membantu pertumbuhan ekonomi yang akibat pandemi covid 19 adalah melalui perpanjangan subsidi Kredit Usaha Rakyat (KUR). Bantuan yang diberikan diantaranya perpanjangan subsidi bunga 3%, penundaan angsuran pokok hingga relaksasi kebijakan KUR.

Kemudian pemerintah juga memberikan semi bansos kartu pra kerja yang bisa dimanfaatkan sektor UMKM melalui program pelatihan. Saat ini telah dibuka 13 gelombang yang jumlahnya sebanyak 53,3 juta dan penerima manfaat sebanyak 6,1 juta.

Total
0
Shares
Previous Article

BRAD PITT AKAN JADI KAMEO DI FILM TERBARU SANDRA BULLOCK

Next Article

Merusak anak muda, pakistan blokir aplikasi tiktok

Related Posts