PEMERINTAH BERENCANA HAPUS BBM PREMIUM DALAM WAKTU DEKAT

Pemerintah akan segera menghapus Bahan Bakar Minyak (BBM) RON 88 atau Premium. Penghapusan BBM ini dilakukan pemerintah sebagai upaya mendorong penggunaan bensin RON 90 atau Pertalite.

Pemerintah akan segera menghapus Bahan Bakar Minyak (BBM) RON 88 atau Premium. Penghapusan BBM ini dilakukan pemerintah sebagai upaya mendorong penggunaan bensin RON 90 atau Pertalite.

Direktur Pembinaan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Soerjaningsih, mengatakan bahwa bahan bakar RON 90 lebih ramah lingkungan daripada RON 88. Peralihan jenis BBM ini diperkirakan dapat menurunkan kadar karbon dioksida hingga 14 persen.

“Kita memasuki masa transisi di mana premium RON 88 akan digantikan dengan pertalite RON 90, sebelum akhirnya kita akan menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan,” ujar Soerjaningsih, seperti dikutip dari asumsi.co (22/12/2021).

Dalam beberapa waktu ke depan, imbuhnya, pemerintah juga berencana mendorong peralihan penggunaan BBM dari Pertalite ke Pertamax. Harapannya, kebijakan ini akan mampu menurunkan kadar emisi karbon dioksida sebesar 27 persen.

“Pemerintah ke depan akan menyusun roadmap bahan bakar minyak yang ramah lingkungan. Setelah premium dihapuskan. Ada masanya di mana Pertalite harus dry, harus shifting dari Pertalite ke Pertamax,” ucap Soerjaningsih.

Dalam kesempatan lain, Pengamat Transportasi dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Sony Sulaksono Wibowo, mengaku setuju BBM Premium dihapuskan. Namun, ia berharap pemerintah juga akan memberikan subsidi kepada masyarakat kelas menengah dan bawah. Misalnya, dengan memberikan ongkos transportasi umum.

“Subsidi tarif angkutan umum ini, misalnya ongkosnya Rp5 ribu nanti penumpang bayarnya cukup Rp 3 ribu dan Rp 2 ribu, disubsidi pemerintah. Skema subsidi seperti ini bisa sekali dilakukan,” kata Sony.

Sudah siap ganti jenis BBM?

Total
0
Shares
Previous Article

PENGGUNAAN LOKASI PENGUNGSIAN BENCANA SEMERU SEBAGAI LOKASI SYUTING TUAI BANYAK KRITIK

Next Article

MOMEN 24 DESEMBER: TENTARA PERANG DUNIA I LAKUKAN GENCATAN SENJATA DAN RAYAKAN MALAM NATAL BERSAMA

Related Posts