PEMERINTAH BATALKAN PENERAPAN PPKM LEVEL 3 SAAT NATAL DAN TAHUN BARU

Pemerintah batal menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 pada masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Pemerintah batal menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 pada masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Menurut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, perubahan aturan ini dibuat berdasarkan penurunan tren kasus positif Covid-19.

“Pemerintah memutuskan untuk tidak akan menerapkan PPKM level 3 pada periode Nataru pada semua wilayah. Penerapan level PPKM selama Nataru akan tetap mengikuti asesmen situasi pandemi sesuai yang berlaku saat ini, tetapi dengan beberapa pengetatan,” ujar Luhut dalam keterangan tertulis, seperti dikutip dari @indozone.id (7/12/2021).

Kasus harian Covid-19 di Indonesia kini tercatat sekitar 400 kasus. Selain tren kasus yang semakin menurun, Luhut juga mengatakan kalau masyarakat Indonesia sudah memiliki antibodi yang cukup baik.

“Keputusan ini juga didasarkan pada capaian vaksinasi dosis 1 di Jawa-Bali yang sudah mencapai 76 persen dan dosis 2 yang mendekati 56 persen. Vaksinasi lansia terus digenjot hingga saat ini mencapai 64 dan 42 persen untuk dosis 1 dan 2 di Jawa Bali. Sebagai perbandingan, belum ada masyarakat Indonesia yang divaksinasi pada periode Nataru tahun lalu. Hasil sero-survei juga menunjukkan masyarakat Indonesia sudah memiliki antibodi Covid-19 yang tinggi,” ucapnya.

Walaupun PPKM level 3 tak jadi diterapkan, pemerintah tetap memberlakukan sejumlah aturan pengetatan. Pemerintah tetap melarang seluruh kegiatan perayaan tahun baru, baik di pusat perbelanjaan, tempat wisata, hotel, atau ruang terbuka umum.

Pemerintah juga membatasi kapasitas pengunjung maksimal 75 persen untuk restoran, tempat wisata, dan pusat perbelanjaan. Sementara itu, kapasitas acara sosial budaya dan kerumunan masyarakat yang diizinkan berjumlah maksimal 50 orang. Masyarakat juga harus tetap disiplin menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Total
0
Shares
Previous Article

DIBUKA JASA SEWA IPHONE HARIAN. TERTARIK?

Next Article

7 MEMBER BTS RESMI BUKA AKUN INSTAGRAM PERSONAL

Related Posts
Read More

MASYARAKAT BISA LAPOR JIKA MASIH DISURUH WFO

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Panjaitan, meminta Menteri Tenaga Kerja (Menaker), Ida Fauziah, untuk mengeluarkan surat perintah agar perusahaan sektor non esensial memberlakukan kerja dari rumah atau work from home (WFH) 100 persen.