Pemerintah Akan Hapus Sistem Bayar Tol dengan Kartu

Pemerintah berencana akan menghapus sistem bayar tol menggunakan kartu sejenis flazz atau e-money dan segera digantikan oleh aplikasi transaksi tol non-tunai tanpa sentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF). Rencananya, sistem baru ini akan mulai diberlakukan pada Juni 2023 dan paling lambat Desember 2023.

Menurut Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Danang Parikesit, para pengguna jalan tol bisa melakukan pembayaran non-tunai tanpa tap dengan hanya mengunduh aplikasi electronic-on board unit bernama ‘Cantas’ melalui ponsel masing-masing.

‘Cantas’ sendiri adalah aplikasi pintar yang didesain dengan sistem navigasi satelit atau Global Navigation Satellite System (GNSS) yang dapat memungkinkan pengguna kendaraan untuk melakukan pembayaran hanya dengan ponsel. Aplikasi ini akan terintegrasi dengan GPS dan dompet elektronik, sehingga saat kendaraan memasuki tol, sistem akan melakukan kalkulasi tarif. Maka dari itu, para pengendara harus mendaftarkan plat nomor kendaraan mereka.

“Jadi pembayaran akan secara otomatis dilakukan dengan melalui aplikasi di handphone, nantinya satelit akan mengenali ponsel anda, dan uang di dompet elektronik (e-wallet) anda akan berkurang otomatis,” ujar Danang, dikutip dari Kompas, Selasa (15/02/2022).

Sementara, proses pembayaran ini akan diuji coba terlebih dahulu di sejumlah ruas jalan tol di Jakarta dan Bali. Diantaranya, jalan tol Dalam Kota, tol Metropolitan Jabodetabek, tol Jakarta-Tangerang, tol Tangerang-Merak, tol Jakarta-Cikampek, dan tol Bali Mandara.

Source Photo from Fastpay

Total
0
Shares
Previous Article

Mengungkap Permasalahan Kenapa Orang Suka Lupa Balas Chat

Next Article

Mulai 1 Januari 2023, Cukai Rokok Tembakau dan Elektrik Akan Naik 10 Persen

Related Posts