Pelajar Indonesia Borong Medali dalam Kompetisi Debat di Universitas Yale

Pelajar-pelajar Indonesia kembali mencetak prestasi. Kali ini, prestasi diraih oleh seorang pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) Mentari Intercultural School Bintaro bernama Denzel Malachi Freddynanto.

Murid kelas sembilan ini berhasil menduduki peringkat pertama debat junior dalam World Scholar’s Cup (WSC) yang diadakan di Universitas Yale, Amerika Serikat, pada November lalu kategori debat individu tingkat SMP. Kerennya, Denzel berhasil memborong enam medali emas dan satu perak. Ia juga berhasil menyisihkan sekitar 700 peserta dari seluruh dunia.

Atas prestasinya, Denzel tak segan-segan membagikan kunci keberhasilannya. Ia mengaku gemar berlatih dengan bermodalkan menonton video-video debat yang beredar di internet.

“Aku suka latihan dengan buka YouTube, lihat debat yang sedang berjalan, dan aku debat dengan mereka, walaupun mereka tidak bisa debat dengan aku, jadi aku dapat melatih diri agar bisa pikir on the spot dengan cepat,” katanya, mengutip dari VOA Indonesia, Kamis (8/12/2022).

Sebagai informasi, dalam ajang kompetisi debat yang dijuluki Tournament of Champions ini, kemampuan para peserta akan diuji dalam berbagai kategori, seperti debat individu, debat kelompok, menulis, hingga cerdas cermat. Semuanya juga dilakukan dalam bahasa Inggris.

Selain Denzel, sederet pelajar Indonesia dari sekolah-sekolah lain juga turut memenangkan kompetisi debat ini, seperti Jakarta Intercultural School, SMAN 28 Jakarta, SMAN 70 Jakarta, dan sederet sekolah lainnya.

Keren banget, ya! Selamat untuk para pemenang!

Source Photo from KJRI via Liputan6

Total
0
Shares
Previous Article

Erick Thohir Menerima Penghargaan Sebagai Menteri Terbaik Tahun ini

Next Article

Super Gemas! Kini, Anabul Kesayangan Lo Bisa Punya KTP, Lho!

Related Posts