MULAI 30 JUNI, NAIK PESAWAT TUJUAN BALI HARUS PUNYA HASIL TES PCR SWAB

Gubernur Bali, I Wayan Koster menyatakan penumpang pesawat domestik yang masuk Bali melalui Bandara Internasional Ngurah Rai wajib mengantongi dokumen tes kesehatan swab PCR dengan hasil negatif Covid-19.

Gubernur Bali, I Wayan Koster menyatakan penumpang pesawat domestik yang masuk Bali melalui Bandara Internasional Ngurah Rai wajib mengantongi dokumen tes kesehatan swab PCR dengan hasil negatif Covid-19. Aturan itu mulai pada Rabu, 30 Juni 2021.

“Kami akan berlakukan surat edaran baru atas arahan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi serta Menteri Perhubungan untuk memperketat gerbang masuk Bali melalui kunjungan domestik, khususnya udara,” ujar Wayan dalam press briefing secara virtual, Senin, 28 Juni 2021.

Ketentuan itu akan diatur dalam Surat Edaran Gubernur Provinsi Bali dan akan terbit pada Selasa, 29 Juni 2021. Hasil tes kesehatan lain, seperti swab Antigen dan GeNose, tidak lagi berlaku bagi penumpang pesawat dengan aturan baru ini.

Pemerintah Bali akan mengecek keaslian dokumen swab PCR melalui pemindaian kode barcode demi mencegah kecurangan. Wayan berharap pemerintah setempat bisa mengurangi risiko penyebaran Covid-19 di tengah merebaknya varian baru virus corona.

Di sisi lain, pemerintah Bali akan memperketat aturan perjalanan bagi penumpang yang masuk ke Pulau Bali lewat jalur darat dan laut. Ia mengatakan, penumpang yang masuk ke Bali menggunakan kapal melalui pelabuhan penyeberangan harus mengantongi syarat tes swab Antigen atau swab PCR.

“Jadi GeNose tidak berlaku,” ujar Wayan.

Wayan mengungkapkan Pemerintah Bali tengah berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk memastikan kelancaran pelaksanaan kebijakan baru tersebut. Pemerintah Bali memberikan waktu dua hari sejak Senin, 28 Juni, bagi para penumpang sebelum ketentuan pengetatan dokumen kesehatan berlaku.

Pemerintah Provinsi Bali mencatat jumlah kunjungan turis domestik ke Bali melewati jalur udara selama Juni 2021 mencapai 8.000-9.000 orang per hari. Sedangkan kunjungan turis domestik melalui jalur darat mencapai 10 ribu per hari.

sumber : tempo

Total
0
Shares
Previous Article

GEDUNG KPK DITEMBAK TULISAN LASER “BERANI JUJUR PECAT”

Next Article

BELI TIKET GARUDA INDONESIA BISA DAPAT VAKSIN GRATIS

Related Posts
Read More

BPJS KESEHATAN BAKAL JADI SYARAT BIKIN SIM, NAIK HAJI, HINGGA JUAL BELI TANAH

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mewajibkan masyarakat yang ingin membuat SIM, SKCK, dan STNK, melaksankan ibadah haji atau umrah, serta melakukan jual beli tanah untuk memiliki kartu BPJS Kesehatan. Instruksi ini tercantum dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang terbit pada 6 Januari 2022.
Read More

BANGGA, INDONESIA DINOBATKAN JADI NEGARA TERINDAH DI DUNIA

Survei yang dilakukan oleh situs asal Inggris, money.co.uk, menobatkan Indonesia sebagai negara terindah di dunia. Melansir dari okezone.com (13/2/2022), dalam membuat survei ini, para peneliti menghitung jumlah gunung berapi, barisan pegunungan, terumbu karang, dan kawasan lindung di setiap negara.