MULAI 2023, PELAT NOMOR KENDARAAN AKAN DIPASANGI CIP

Korlantas Polri berencana untuk memasang cip di pelat nomor kendaraan mulai tahun depan. Sebelumnya, beredar kabar bahwa pemasangan cip akan dilakukan tahun ini.

Korlantas Polri berencana untuk memasang cip di pelat nomor kendaraan mulai tahun depan. Sebelumnya, beredar kabar bahwa pemasangan cip akan dilakukan tahun ini.

“Tahun ini (pemasangan cip) belum. Itu kita rencanakan mungkin tahun depan (2023), cip itu akan kita pasangi di pelat nomor, saya pertegas lagi, belum sekarang ini (2022),” ujar Direktur Regident Korlantas Polri, Brigjen Pol Yusri Yunus, seperti dikutip dari kompas.com (9/1/2022).

Pemasangan cip akan berlaku di pelat nomor mobil dan sepeda motor. Yusri mengatakan, pemasangan cip di pelat kendaraan menjadi bagian dari teknologi penindakan yang semakin berkembang.

Menurutnya, cip di pelat nomor kendaraan memiliki beberapa kegunaan. Pertama, untuk memeroleh data lengkap dari kendaraan bermotor. Sebab, data lengkap kendaraan akan tercatat semuanya di cip.

“Sehingga nanti kalau kamera ETLE melihat kendaraan itu melakukan pelanggaran, langsung keluar data-datanya, pemiliknya siapa, jenis kendaraan, nomor rangka hingga nomor mesinnya berapa,” ucap Yusri.

Kedua, pihak kepolisian juga dapat menemukan data record kecelakaan dari kendaraan tersebut melalui cip yang terpasang di pelat nomornya. Tak hanya itu, cipjuga mencatat record pelanggaran dari kendaraan tersebut.

“Yang berikutnya, kita akan berkolaborasi dengan beberapa stakeholder terkait, misalnya jalan tol. Ke depan itu jalan tol enggak perlu lagi pakai kartu. Dengan cip yang ada di pelat nomor orang-orang ini, sudah bisa kayak di luar negeri, pintu tol akan otomatis terbuka,” kata Yusri.

Dirinya berharap rencana pemasangan cip ini bisa benar-benar diimplementasikan tahun depan. Tahun ini, perubahan pelat nomor hanya terkait warnanya saja. Warna dasar pelat nomor akan berubah dari hitam menjadi putih.

Total
0
Shares
Previous Article

EKONOM HARVARD BAGIKAN TIPS MENCAPAI KEAMANAN FINANSIAL. APA SAJA?

Next Article

MENURUT PENELITIAN, MEME BISA BANTU REDAKAN STRESS

Related Posts
Read More

MASYARAKAT BISA LAPOR JIKA MASIH DISURUH WFO

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Panjaitan, meminta Menteri Tenaga Kerja (Menaker), Ida Fauziah, untuk mengeluarkan surat perintah agar perusahaan sektor non esensial memberlakukan kerja dari rumah atau work from home (WFH) 100 persen.
Read More

JOKOWI INSTRUKSIKAN MENAKER REVISI ATURAN JHT

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, untuk melakukan revisi aturan pelaksanaan program Jaminan Hari Tua (JHT). Instruksi ini diberikan oleh Jokowi menyusul polemik yang timbul di tengah masyarakat atas penetapan aturan baru JHT yang baru bisa dicairkan 100 persen saat pekerja berusia 56 tahun.