MIRIS, INI ALASAN STATUS KOMODO TERANCAM PUNAH

Komodo merupakan spesies endemik yang tinggal di Indonesia. Sebagian besar spesies yang terdaftar sebagai Warisan Dunia dan Flores ini dapat ditemukan di Taman Nasional Komodo yang berlokasi di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.

Komodo merupakan spesies endemik yang tinggal di Indonesia. Sebagian besar spesies yang terdaftar sebagai Warisan Dunia dan Flores ini dapat ditemukan di Taman Nasional Komodo yang berlokasi di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Namun, ada pula komodo yang tinggal di luar kawasan hutan lindung.

Taman Nasional Komodo pun menjadi salah satu tujuan wisata populer di NTT. Banyak wisatawan yang ingin melihat dan berfoto langsung dengan kadal terbesar di dunia itu.

Sayangnya, status komodo kini telah berubah dari “Rentan” menjadi “Terancam Punah” dalam Daftar Merah International Union for Conservation of Nature (IUCN). Melansir dari tempo.co (7/9/2021), Daftar Merah IUCN merupakan indikator kesehatan keankeragaman hayati dunia.

Diperkirakan 30 persen komodo akan berkurang dalam 45 tahun ke depan. Salah satu alasannya adalah meningkatnya suhu global dan naiknya permukaan laut.

Selain itu, komodo yang tinggal di luar kawasan lindung juga terancam kehilangan habitatnya. Hal ini disebabkan aktivitas manusia yang kurang bertanggung jawab dan bisa merusak habitat para komodo.

Waduh, jangan sampai ya komodo jadi punah betulan. Yuk, kita sama-sama aktif menjaga lingkungan dan tidak lagi melakukan perbuatan kurang bertanggung jawab yang bisa mengancam para komodo.

Total
0
Shares
Previous Article

TERBESAR KE-2 DI DUNIA, SEBERAPA MELIMPAH TIMAH RI?

Next Article

LAGI TREN, BERAPA HARGA PASANG IKLAN DI TIMES SQUARE?

Related Posts