META PAMERKAN SARUNG TANGAN HAPTIC. SEPERTI APA?

Perusahaan teknologi Meta memamerkan prototipe inovasi terbarunya, sarung tangan haptic.

Perusahaan teknologi Meta memamerkan prototipe inovasi terbarunya, sarung tangan haptic. Teknologi yang dikembangkan oleh Reality Labs – laboratorium penelitian dari Meta – ini memungkinkan pengguna merasakan dan berinteraksi dengan obyek virtual di ruang digital.

Melansir dari tempo.co (18/11/2021), pengguna akan dapat merasakan sensasi seperti tekstur, tekanan, dan getaran dengan sarung tangan haptic. Prototipe sarung tangan ini dilapisi dengan motor plastik tiup yang disebut aktuator, yang ditempatkan di atas sarung tangan untuk memberikan sensasi ke tangan pemakainya hingga ujung jari.

Pengembangan teknologi ini menjadi bagian dari misi Meta menuju Augmented Reality (AR) dan metaverse yang fokus pada Virtual Reality (VR).

“Pekerjaan yang telah dilakukan ini merupakan bagian dari langkah untuk memasuki metaverse. Divisi Reality Labs telah mengembangkan perangkat itu selama tujuh tahun terakhir,” tulis Meta di website resminya.

Meta belum memastikan kapan sarung tangan haptic akan dirilis secara komersial. Menurut Meta, pengembangan sarung tangan ini menjadi tantangan yang membutuhkan domain penelitian yang sama sekali baru.

Sarung tangan tersebut juga masih dalam tahap awal penelitian yang tujuannya untuk memasangkannya dengan headset VR. Meta memang berencana memasangkan sarung tangan ini dengan headset VR dan membuatnya kompatibel dengan goggle atau kacamata AR.

Wah, kira-kira sarung tangan secanggih ini akan dijual dengan harga berapa ya?

Total
0
Shares
Previous Article

NILAI EKONOMI DIGITAL INDONESIA TAHUN INI DIPERKIRAKAN CAPAI RP 994 TRILIUN

Next Article

DERETAN NEGARA DENGAN INDEKS BIAYA HIDUP TERMURAH

Related Posts