MERAIH IKIGAI – BAHAGIA MENJALANI HIDUP SEHARI-HARI

Pernahkah kamu merasa malas dan tidak semangat untuk menjalani kegiatan sehari-hari? Perasaan ini tentu akan mengganggumu kalau terus menerus berlangsung.

Pernahkah kamu merasa malas dan tidak semangat untuk menjalani kegiatan sehari-hari? Perasaan ini tentu akan mengganggumu kalau terus menerus berlangsung.

Mungkin kamu butuh yang namanya ikigai. Melansir dari djkn.kemenkeu.go.id (14/9/2020), ikigai merupakan istilah dari bahasa Jepang yang menjelaskan makna kehidupan dan kebahagiaan. Ikigai juga dapat diartikan sebagai alasan seseorang semangat bangun pada pagi hari untuk menjalani hari.

Masyarakat Jepang sangat memegang teguh konsep ini. Bahkan, ikigai dipercaya sebagai konsep yang membuat sebagian besar masyarakat Jepang memiliki angka harapan hidup tinggi. Dengan menjalani ikigai mereka tahu alasan mereka harus bangun, memperjuangkan sesuatu, dan memiliki harapan.

Konsep ikigai dapat diterapkan oleh semua manusia di seluruh dunia, termasuk kamu. Supaya bisa mencapai ikigai, kamu perlu menyeimbangkan empat elemen dalam hidup. Keempat elemen ini ialah passion, mission, vocation, dan profession.

Passion dapat diartikan sebagai sesuatu yang membuat kamu bergairah untuk melakukannya. Kamu pun akan merasa senang setiap kali menjalaninya.

Adapun mission adalah kontribusi yang bisa kamu lakukan untuk orang-orang sekitar. Tak penting atau besar kontribusi yang kamu berikan, yang terpenting adalah hal tersebut dibutuhkan oleh orang sekitarmu.

Elemen selanjutnya, vocation, merupakan sesuatu yang dapat memberikan penghasilan buatmu. Termasuk di dalamnya pekerjaan atau bisnis.

Sementara itu, profession berarti suatu bidang yang kita merasa ahli untuk melakukannya. Keahlian ini bisa kamu dapatkan secara otodidak atau melalui pelatihan.

Kamu harus menjalani keempat aspek tersebut secara seimbang untuk bisa meraih ikigai. Kalau kamu hanya menjalani salah satu atau beberapa saja, maka kamu belum dapat dikatakan sudah menemukan cara hidup ikigai.

Kalau kamu sendiri, apakah sudah meraihnya? Kalau belum, jangan patah semangat untuk mengejarnya ya! 

Total
0
Shares
Previous Article

DEMI KURANGI SAMPAH, PEMERINTAH TERAPKAN CUKAI KEMASAN PLASTIK TAHUN DEPAN

Next Article

ALASAN “START-UP” FESYEN JADI PELUANG BISNIS MENJANJIKAN DI INDONESIA

Related Posts