MENGINTIP KEINDAHAN DESA PENGLIPURAN BALI, DESA TERBERSIH KETIGA DI DUNIA

Desa Penglipuran merupakan salah satu dari sembilan desa adat di Bali. Lokasinya berada di Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, sekitar 45 km dari Denpasar.

Desa Penglipuran merupakan salah satu dari sembilan desa adat di Bali. Lokasinya berada di Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, sekitar 45 km dari Denpasar.

Melansir dari kompas.com (22/10/2022), Desa Penglipuran merupakan desa terbersih ketiga di dunia, lho. Posisinya di bawah Desa Mawlynnong di India dan Giethoorn di Belanda.

Warga setempat desa tersebut memang memiliki kepedulian tinggi terhadap kebersihan. Salah satunya, mereka menyediakan tempat sampah di setiap jarak 30 meter.

Selain itu, pihak desa juga melarang penggunaan kendaraan bermotor agar kualitas udara tetap bersih. Jadi, warga dan wisatawan harus berjalan kaki atau bersepeda kalau mengelilingi desa.

Namun tenang saja, berjalan kaki dan bersepeda di sana tak akan terasa melelahkan. Sebab, wisatawan akan disuguhkan pemandangan yang indah dari deretan tanaman hijau dan bunga warna-warni. Udaranya tentu juga terasa bersih dan sejuk.

Banyaknya penghijauan di sana juga mengantarkan Desa Penglipuran ke beberapa penghargaan bergengsi lain di dunia. Desa ini pernah memeroleh Indonesia Sustainable Tourism Award 2017 dan Sustainable Destinations Top 100 versi Green Destinations Foundation.

Selain tanaman yang indah, wisatawan juga akan disuguhkan pemandangan rumah yang masih mengusung konsep tradisional. Bangunan di sana menggunakan bambu sebagai bahan material utamanya.

Menariknya, arsitektur rumah warga Desa Penglipuran memiliki arsitektur yang seragam. Keseragaman ini yang membuat desa ini tampak berbeda dengan desa lainnya di Bali.

Wah, ada yang jadi penasaran mau liburan ke sana?

Total
0
Shares
Previous Article

HATI-HATI, TERBANGKAN DRONE DI SIRKUIT MANDALIKA BISA KENA DENDA RP 5 MILIAR

Next Article

RAFFI AHMAD DAN NAGITA SLAVINA DAPAT HADIAH MESIN ATM DARI BNI. APA SYARAT BISA PUNYA MESIN ATM PRIBADI?

Related Posts
Read More

ADA PEMUDA PANCASILA DI PARIS FASHION WEEK, LHO KOK BISA?

Desainer asal Indonesia, Arnold Putra, menjadi pusat perhatian di media sosial karena penampilannya yang nyeleneh dan cukup nyentrik saat menghadiri Paris Fashion Week 2022. Melalui akun instagram pribadinya @arnoldputra, ia memposting outfit-nya yang amat mirip dengan seragam salah satu ormas di Indonesia, Pemuda Pancasila.