MENGENAL MAKNA HARI KESAKTIAN PANCASILA

Bangsa Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila setiap tanggal 1 Oktober. Peringatan Hari Kesaktian Pancasila erat kaitannya dengan peristiwa G30S PKI.

Bangsa Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila setiap tanggal 1 Oktober. Peringatan Hari Kesaktian Pancasila erat kaitannya dengan peristiwa G30S PKI.

Pada 30 September 1965, enam perwira tinggi dan satu perwira menengah Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) gugur. Para perwira yang kemudian memperoleh gelar Pahlawan Revolusi ini menjadi korban kekejaman yang menurut otoritas setempat pada waktu itu dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI).

Pemerintah Orde Baru akhirnya menetapkan 30 September sebagai Hari Peringatan Gerakan 30 September. Sementara itu, 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Makna dari Hari Kesaktian Pancasila sendiri adalah bentuk penghormatan rakyat Indonesia kepada jasa dan pengorbanan Pahlawan Revolusi. Sekaligus jadi pengingat bahwa Indonesia pernah mengalami peristiwa kelam di masa lalu yang jangan sampai terulang lagi di masa depan.

“Hari Kesaktian Pancasila setiap tahun kita peringati untuk mengenang peristiwa kelam yang pernah terjadi di negeri ini, sekaligus mengingatkan bahwa Indonesia memiliki kekuatan dalam menghadapi setiap tantangan,” tulis Presiden Joko Widodo (Jokowi) di akun Instagram @jokowi, seperti dikutip dari detik.com (1/10/2021).

Selain itu, Kesaktikan Pancasila juga memiliki makna sebagai upaya untuk menjaga kekuatan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa Indonesia. Menurut Jokowi, ideologi Pancasila merupakan pemandu arah bangsa.

“Ideologi Pancasila dengan segenap nilai yang dikandungnya memandu bangsa ini untuk menghadapi berbagai bentuk tantangan meskipun datang di zaman yang berbeda,” tulisnya.

Sebagai generasi penerus bangsa, yuk mari kita sama-sama menjaga dengan baik kesaktian Pancasila dan meneruskan perjuangan Pahlawan Revolusi dengan car akita masing-masing. Selamat Hari Kesaktian Pancasila!

Total
0
Shares
Previous Article

MENTERI KEUANGAN SRI MULYANI TAMBAH FUNGSI KTP JADI NPWP

Next Article

BLIBLI RESMI AKUISISI 51 PERSEN SAHAM SUPRA BOGA LESTARI (RANC)

Related Posts