Mengenal HR Rasuna Said yang Menjadi Google Doodle Hari Ini

Google Doodle hari ini (14/9/2022) menampilkan gambar seorang wanita yang sedang berbicara di depan mikrofon. Ia adalah Hajjah Rangkayo Rasuna Said atau yang biasa dikenal sebagai HR Rasuna Said. Google Doodle hari ini menjadi perayaan ulang tahun Rasuna Said yang ke-112.

Lalu, siapakah Rasuna Said? Ia adalah seorang pahlawan nasional Indonesia yang gencar menyuarakan isu-isu sosial, terutama hak-hak perempuan. Dirinya menjadi wanita kesembilan yang menerima gelar pahlawan nasional pada 1974.

Rasuna lahir di dekat Danau Maninjau, Sumatera Barat, pada 14 September 1910. Ia tumbuh sebagai siswa yang ulet dan cerdas. Rasuna dewasa berprofesi sebagai guru dan jurnalis.

Selain menjadi guru dan jurnalis, Rasuna juga menjadi seorang aktivis yang bergabung di beberapa organisasi. Ia pernah bergabung dengan Gerakan Islam dan Sarikat Rakyat atau Gerakan Rakyat.

Rasuna juga menyelenggarakan Persatuan Muslim Indonesia (PERMI), sebuah organisasi yang kritis terhadap kolonialisme Belanda dan perlakuan tidak adil terhadap perempuan. Pada 1931, ia pindah ke Padang untuk meluncurkan divisi perempuan di PERMI yang berfokus pada pembangunan sekolah sastra untuk perempuan di seluruh Sumatera Barat.

Kekritisannya dalam menentang kekuasaan Belanda membuat Rasuna pernah ditangkap pada 1932. Setelah dibebaskan pada 1934, Rasuna yang saat itu berusia 24 tahun, menjadi jurnalis untuk jurnal perguruan tinggi bernama ‘Raya’. Selama beberapa tahun berikutnya, ia membuka beberapa sekolah anak perempuan dan mewakilkan suara nama kelompok Muslimah.

Kini, sosoknya dikenang sebagai “Singa Betina Pergerakan Kemerdekaan Indonesia”. Warga DKI Jakarta juga mengenalnya sebagai salah satu nama jalan protokol di daerah Kuningan, Jakarta Selatan.

Source from Muse Media/Alda

Total
0
Shares
Previous Article

Akibat Kelaparan, Pria di Bengkulu Sembelih Kucing Hamil untuk Dimakan

Next Article

Seorang Customer Paksa Driver Ojol Lakukan Tindakan Pelecehan Seksual

Related Posts
Read More

NAGITA SLAVINA MELAHIRKAN ANAK KEDUA

Pasangan selebritas Raffi Ahmad – Nagita Slavita sedang berbahagia. Gigi, panggilan akrab Nagita, baru saja melahirkan anak kedua mereka di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Bunda, Menteng, Jakarta Pusat, pada Jumat (26/11/2021).