MENGENAL DIPLOPIA, MASALAH MATA YANG SEBABKAN MARC MARQUEZ TERANCAM PENSIUN DINI

Pembalap MotoGP, Marc Marquez, dipastikan absen pada seri penutup balapan musim ini yang akan berlangsung di Valencia, Spanyol. Marquez diperkirakan tidak akan bisa ikut bertanding hingga sesi tes pramusim pada Februari 2022.

Pembalap MotoGP, Marc Marquez, dipastikan absen pada seri penutup balapan musim ini yang akan berlangsung di Valencia, Spanyol. Marquez diperkirakan tidak akan bisa ikut bertanding hingga sesi tes pramusim pada Februari 2022.

Bahkan, melansir dari bola.com (10/11/2021), ada kekhawatiran pembalap asal Spanyol tersebut terpaksa pensiun dini dari kelas tertinggi kejuaraan dunia balap motor. Apa yang terjadi pada Marquez sebenarnya?

Marquez divonis dokter mengalami diplopia setelah kecelakaan saat latihan motor offroad. Juara dunia enam kali ini pernah mengalami masalah yang sama pada 2011.

Melansir dari kompas.com (11/11/2021), diplopia biasa disebut penglihatan ganda. Sebuah kondisi di mana mata bisa melihat dua gambar dari obyek yang sama.

“Keterlibatan saraf keempat, yang disebut troklear, menyebabkan diplopia vertikal di mana objek terlihat sebanyak dua kali,” kata profesor oftalmologi dari University of Molise, Franco Marino, seperti dikutip dari bola.com.

Lalu, apa yang bisa menyebabkan diplopia?

  • Masalah kornea

Penglihatan ganda dapat terjadi bila ada masalah di kornea yang mendistorsi permukaannya.

  • Masalah lensa

Katarak adalah masalah lensa paling umum yang dapat menyebabkan penglihatan ganda.

  • Masalah syaraf kranial

Beberapa kondisi seperti diabetes, miastenia gravis, dan multiple sclerosis dapat merusak syaraf kranial hingga menyebabkan penglihatan ganda. Kranial merupakan syaraf yang menghubungkan otak ke otot mata untuk mengontrol gerakan mata.

  • Masalah otak

Apabila area di dalam otak yang berfungsi memroses informasi visual yang dikirimkan oleh mata mengalami cidera atau terserang penyakit, penglihatan ganda dapat terjadi.

Diplopia dapat dicegah dengan berhati-hati saat melakukan aktivitas yang dapat menyebabkan cidera mata. Selain itu, penderita diabetes disarankan untuk mengendalikan gulanya demi mengurangi risiko kerusakan syaraf.

Itu dia sekilas informasi soal diplopia yang dialami Marquez. Mari kita doakan semoga Marquez bisa melewati waktu sulit ini dan segera kembali ke trek balapan ya.

(Cahyu CA)

Total
0
Shares
Previous Article

TANDA-TANDA KAMU PERLU REHAT DARI MEDIA SOSIAL YANG “TOXIC”

Next Article

GANJA DILEGALKAN UNTUK KEPERLUAN MEDIS, TAPI DI MALAYSIA

Related Posts